KAWASAN
Erlina. (polindonetwork/dok)
23/2/2016 09:54:51
727

Erlina: SKPD Jangan Hanya Menunggu

Harianlampung.com - Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina meminta seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di daerah itu lebih agresif berkoordinasi ke pemerintah provinsi dan pemerintah pusat untuk menjemput bola.

"Jangan hanya menunggu, mengingat di pemerintah pusat dan provinsi banyak kegiatan yang dapat digunakan untuk membangun serta menggali semua potensi yang ada di Pesisir Barat," tegasnya, Senin (22/2).

Erlina mencontohkan di bidang pertanian. Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) dapat meningkatkan komunikasi ke provinsi maupun ke pusat untuk memaksimalkan program yang dibutuhkan petani di Pesisir Barat. "Kita lihat pertanian di kabupaten lain lebih maju,“ jelasnya.

Potensi yang perlu dikomunikasikan ke pusat dan provinsi, misalnya, pembenahan irigasi mengingat di daerah ini masih banyak lahan persawahan yang tidak bisa diusahakan petani karena kekurangan air, terutama pada musim kemarau. Kondisi itu harus segera dicarikan solusi, salah satunya cara proaktif melakukan koordinasi.

Kebutuhan sayur-mayur masyarakat Pesisir Barat yang masih bergantung pada suplai dari Lampung Barat, misalnya, ke depan juga harus disiasati karena banyak lahan yang bisa dimanfaatkan. "Artinya, tinggal bagaimana Dinas Pertanian menggali potensi itu," kata Erlina.

Peringatan itu juga disampaikan Erlina untuk sektor lain. Seluruh SKPD diharapkan memiliki program yang bagus dan cepat dirasakan masyarakat, disertai dengan perencanaan yang matang. "Program bagus tanpa perencanaan yang matang, akan sia-sia," tegasnya.

Dengan demikian, diharapkan ke depan Pesisir Barat bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhannya. Yang lebih penting lagi, masyarakatnya juga lebih sejahtera, demikian Erlina. (eva/mfn)