KAWASAN
Warga Tolak Pembangunan (ist/dok)
18/1/2015 16:57:27
1893

Masyarakat Desa SP 4 Tolak Pembangunan Pabrik Jamu

Harianlampung.com - Masyarakat Desa SP 4 Panca Warna, Way Serdang, Mesuji, menolak program pemerintahan setempat yakni pembangunan pabrik jamu milik perusahaan Sido Muncul. Warga setempat juga sebelumnya menolak rencana pembangunan pasar.

Pejabat PLH Kades SP 4 Panca Warna Suendi kepada harianlampung.com, Ahad (18/1), mengatakan, ada beberapa program yang digelontorkan Bupati Mesuji ke desa itu, tapi ditolak karena berbagai alasan.

Seperti pembangunan pasar, katanya, Pemkab Mesuji akan membangunannya dengan syarat masyarakat setempat mau menghibakan tanah fasilitas umum untuk lokasi pasar ini. Rencana pembangunan pabrik jamu itu juga disertai syarat, masyarakatnya diminta menghibahkan lahan ke pemda.

Karena persyaratan itu, kata Suendi, masyarakat mengadakan rapat desa, dan hasilnya mereka menolak menghibahkan tanah fasilitas umum kepada Pemkab Mesuji.

"Warga takut jika tanah desanya dihibahkan, penghasilan dari pasar ini bukan masuk ke desa tapi pemda. Karena tanahnya sudah dihibahkan, maka secara otomatis bukan milik desa lagi," kata Suendi.

Camat Way Serdang Sujahirin mengatakan, karena penolakan itu, lokasi pembangunan pabrik jamu dan pasar dialihkan ke desa lain. "Sudah kita bangunkan di Desa pemekaran Labuhan Mulya," katanya.
(herman/riz/eh)