KAWASAN
Rycko Menoza SZP (supradianto/harlam)
18/1/2015 21:01:11
956

Korban Banjir di Lamsel Dapat Bantuan Rp1 Juta

Harianlampung.com - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan memberikan bantuan dana kepada 138 Kepala keluarga (KK) korban banjir di Desa Talangbaru, Kecamatan Sidomulyo, dan Desa Tarahan, Kecamatan Ketibung.

Batuan dana tersebut diserahkan langsung  Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza SZP dan Ketua Tim Penggerak PPK setempat Pitka R Menoza, Jumat (16/1).

Banjir yang merendam puluhan rumah warga di kedua desa tersebut terjadi 26 Desember 2014. Masing-masing Kepala keluarga korban banijir mendapat dana bantuan sebesar Rp1juta. Di Desa Talangbaru, ada 58 KK korban banjir yang mendapatkan bantuan. Sedangkan di Desa Tarahan bantuan diberikan kepada 80 KK. “Minimal (bantuan) ini dapat meringankan beban mereka. Meskipun jumlahnya tidak terlalu besar,”  kata Rycko Menoza SZP.

Menurut dia, bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian dan Pemkab Kabupaten Lampung Selatan atas terjadinya bencana yang menimpa warga. “Anggap musibah ini sebagai tolak ukur untuk mengintropeksi diri. Sebaiknya ke depan, kita tingkatkan  kepeduli terhadap lingkungan sekaligus membudayakan pola hidup sehat. Paling tidak, ini dapat mengurangi dampak bencana yang terjadi,"terangnya.

Dia menilai, ke depan perlu ada posko antisipasi bencana di masing-masing di daerah, terutama wilayah rawan bencana. Posko ini berfungsi sebagai pusat informasi bila terjadinya bencana. "Jadi lebih mudah memberikan informasi, sekaligus dapat merespon dengan cepat bila ada kejadian,” jelasnya.
(supradianto/mnz/eh)