KAWASAN
Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri
31/10/2014 20:56:44
4557

Lambar Punya Potensi Besar Sektor Pertambangan

Harianlampung.com - Lampung Barat punya potensi besar di sektor pertambanggan. Dinas ESDM Lambar sosialisasi kepada pemegang Izin Pertambangan Rakyat (IPR).

Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri mengatakan, banyak potensi pertambangan yang dimiliki Lampung Barat. Antara lain, energi panas bumi, mineral, batubara, dan emas. Semua potensi itu akan memberikan manfaat jika dikelola dengan baik.

"Bermanfaat bagi peningkatkan kesejahteraan masyarakat. Juga menjadi sumber pendapatan daerah," ujar Mukhlis membuka sosialisasi itu, Rabu (29/10/2014).

Karena itu, ia meminta masyarakat, dalam melakukan eksplorasi pertambangan, termasuk mineral dan batubara, harus mengikuti ketentuan yang berlaku dengan memiliki izin usaha pertambangan. 

Kepada pemegang IPR perorangan maupun badan usaha, diminta tidak melakukan usaha hanya semata-mata untuk kepentingan bisnis. Tetapi, harus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, antara lain dengan mempekerjakan masyarakat Lampung Barat.

Sosialisasi yang diikuti 40 pemegang IPR itu, menurut Kabid Pertambangan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Lambar Cucun Hermawan, untuk menyampaikan berbagai perubahan peraturan tentang pertambangan. Selain itu, juga untuk pembinaan sekaligus pengawasan usaha pertambangan mineral dan batubara. 

Diharapkan, kata Cucun, sosilasai itu menumbuhkan kesadaran para pengusaha pertambangan dalam memenuhi kewajibannya. Baik yang terkait dengan pemerintah seperti soal pajak, maupun kewajiban yang terkait dengan masyarakat dan lingkungan.
(don/mf/nad)