KAWASAN
Makmur Azhari, Wakil Bupati Lampung Barat
07/11/2014 00:21:15
13556

Lambar Siaga Antisipasi Gangguan Keamanan

Harianlampung.com - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat berkomitmen menjaga stabilitas keamanan dengan mengantisipasi setiap kemungkinan munculnya gejolak sosial di masyarakat.

Hal itu ditegaskan Wakil Bupati Lampung Barat Makmur Azhari saat membuka Rapat Koordinasi TIm Terpadu Penanganan Gangguan Keamanan Dalam Negeri Kabupaten Lambar di  Liwa, Kamis (06/11/2014).

Menjaga stabilitas nasional dan daerah adalah wajib. Untuk itu, kata Azhari, seluruh lembaga pemerintah agar menjaga hubungan dan berkoordinasi secara intentif. Sehingga dapat mengantisipasi setiap persoalan yang muncul di masyarakat, sekecil apa pun.

"Kita belum tahu, di  tengah situasi yang damai mungkin saja ada pihak-pihak yang ingin melakukan tindakan melanggar hukum," ujarnya dalam laman situs pemda setempat. 

Pada bagian lain, Azhari juga mengingatkan kemungkinan pengaruh perkembangan global, terutama berkaitan dengan gerakan yang menamakan diri Kekhalifahan Islam atau Negara Islam Irak dan Syiria (ISIS).

Gerakan itu, kata dia, juga patut diwaspadai karena mendapat dukungan dari beberapa kelompok Islam di Indonesia. "Ini perlu diwaspadai karena paham ISIS dianggap lebuh berbahaya dari  Al-Qaeda dan jelas bertentangan dengan ideologi Pancasila," ujarnya.


Sementara itu,  Asisten  III Bidang Administrasi Umum,  Gunawan Rasyid mengatakan, untuk menjaga stabilitas daerah, keamanan dan ketertiban umum, Pemkab Lampugn Barat membentuk tim terpadu penanganan gangguan keamanan dalam negeri. 

Hal itu bertujuan agar setiap kemungkinan munculnya gangguan keamanan dapat diantisipasi sejak dini. Sehingga tidak sampai menimbulkan gejolak di masyarakat yang pada akhirnya akan merugikan proses pembangunan yang dilakukan pemerintah.
(don/mf/nad)