KAWASAN
Ilustrasi (harlam/dok)
27/1/2015 19:01:25
5398

Dana Desa Lampung Barat Dibagi ke Pesisir Barat

Harianlampung.com - Nilai Anggaran Dana Desa (ADD) sebesar Rp29 milyar lebih yang akan dikucurkan pemerintah pusat, ternyata tidak sepenuhnya untuk Kabupaten Lampung Barat. Dana tersebut juga dialokasikan untuk Kabupaten Pesisir Barat yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Lampung Barat.

"Memang ternyata ADD itu tidak sepenuhya untuk Lampung Barat, tapi juga dialokasikan untuk Kabupaten Pesisir Barat. Berapa angka pasti yang akan dialokasikan ke Pesisir Barat, kita juga belum tahu," kata Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah setempat, Agus Tanto Basmar kepada harianlampung.com, Selasa (27/1).

Menurut Agus, pihaknya mengetahui hal ini setelah menerima informasi dari pihak Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Lampung Barat.

Merujuk kondisi tersebut, lanjut Agus, mestinya ada dana shering dari APBD Lampung Barat sekitar Rp30 milyar. "Nilai ADD ini otomatis berkurang, karena itu perlu dana sehering dari APBD," terangnya.

Sebelumnya Kabid Pemberdayaan Pekon PMPP Lampung Barat Games Simanjuntak di ruang kerjanya beberapa waktu lalu menyebutkan, 131 pekon (desa) di kabupaten tersebut bakal mendapat dana desa Rp60 milyar. Dana itu berasal dari APBN dan shaering  APBD tahun ini.

Untuk pembagian besaran dana per pekon bakal dihitung berdasarkan Undang Undang Nomor 6/2014. Rinciannya, 30 persen dikalikan dengan jumlah rumah tangga miskin. Kemudian 50 persen kali jumlah penduduk dan  20 persen dikalikan dengan luas wilayah dan Indek Kesulitan Geografis Indek.

Kendati demikian, lanjut Games, ketentuan lebih lanjut terkait tata cara alokasi dana desa akan diatur melalui peraturan menteri.
(lemy/mnz/eh)