KAWASAN
Panitia Lomba Cipta Lagu Anak (adi/harlam)
04/2/2015 17:28:01
1123

Peserta Lomba Cipta Lagu Anak Didominasi dari Pulau Jawa

Harianlampung.com - Lomba Cipta Lagu Anak tingkat Nasional yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMATIKA) IAIN Radin Inten Lampung, didominasi peserta dari luar provinsi.

Sejak dibuka pada 28 Januari 2015 jumlah pendaftar lomba cipat lagu anak ini baru mencapai puluhan. Panitia lomba memberikan batas waktu pendaftaran hingga 28 Februari 2015. "Kami sedikit kecewa dengan minat peserta dari Lampung. Lihat saja sampai saat ini  pendaftar masih didominasi dari Pulau jawa,” ungkap Nora Septina (19)  panitia bidang kehumasan lomba cipta lagu anak ini, pada harianlampung.com, Rabu (4/2).

Menurut Nora, lomba ini diselenggarakan atas dasar keperihatinan mahasiswa IAIN Radin Inten Lampung terhadap kondisi minimnya lagu- lagu untuk anak-anak. "Sekarang  lagu anak-anak minim sekali. Akibatnya banyak anak-anak bernyanyi menggunakan lagu-lagu orang dewas. Ini tentu saja bisa berpengaruh terhadap perkembangan mental anak," terangya.   

Kautsar Raya, Ketua Panita Pelaksana Lomba Cipat Lagu Anak HIMATIKA IAIN Redin Inten Lampung mengatakan, lomba ini bertujuan memperbanyak pilihan lagu untuk anak-anak sesuai dengan usia dan perkembangan mentalnya. "Lewat lomba ini, kita berikan kesempatan pada mahasiswa dari seluruh Indonesia, khususnya Lampung untuk berkarya menciptakan lagu -lagu anak yang bersifat mendidik," kata Kautsar.

Menurut Kautsar, penilaian lomba ini akan melibatkan  tiga  pakar pendidikan anak  dari  IAIN Redin Inten. "Kita juga akan melibatkan 40 anak usia 5 sampai 8 tahun dari lingkungan sekitar kampus untuk ikut memberikan penilaian dalam lomba ini. Kami pastikan proses penilaian akan berlangsung fair," tegasnya.
(Adi Susanto/mnz/eh)