KAWASAN
Yusak, DPRD Pesawaran
13/11/2014 10:28:06
4687

Program Perawat "Home Care" akan Dihapus

Harianlampung.com - Komisi IV DPRD Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, akan menghapus program perawat home care. Program layanan medis door to door ini dinilai tidak berjalan maksimal.

Rencana penghapusan program perawat home care itu muncul setelah DPRD Kabupaten Pesawaran menggelar rapat dengar pendapat dengan Dinas Kesehatan setempat, Rabu (12/11). 

Dari rapat itu, Komisi IV DPRD Pesawaran berkesimpulan sementara bahwa kinerja perawat home care tidak maksimal dalam menjalankan tugasnya sebagai medis door to door. Karena itu, Komisi IV akan merekomendasikan untuk memangkas atau menghapus program itu di APBD tahun 2015.

“Kalau program tak jalan, masa perawat digaji. Makanya anggota Komisi akan mempertajam lagi  temuannya dengan mengkroscek semua titik. Kalau memang memungkinkan, nanti dihapus,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Pesawaran Areh Sulistiyo, Rabu (12/11).

Sementara menurut Yusak, hasil ke lapangan dengan menyebar seluruh anggota Komisi IV menelusuri kinerja perawat home care, menunjukan 80 persen program tidak berjalan. 

"Apa gunanya dipertahankan, lebih baik dihapus anggarannya dan dialihkan ke bidan desa yang beberapa desa yang belum ada bidannya," katanya.

Namun, Sekretaris Diskes Pesawaran Widodo meminta DPRD mempertimbangkan kembali untuk mencoret program perawat home care karena menyangkut kepentingan orang banyak. Menurut dia, bukan tidak jalan, tetapi petugasnya sedikit, jadi perlu ada penambahan.

Selain soal perawat home care, Komisi IV juga mempertanyakan pembangunan 29 Pustu dan 5 puskesmas dan pengadaan alat kesehatan senilai Rp15 miliar yang pendanaannya berasal dari APBN 2013. 

Pada hearing tanggal 22 Desember 2013 dikatakan proyek itu sudah serah terima. "Kami temukan di lapangan sampai Maret tahun ini, semua pekerjaan baru selesai. Ini jadi pertanyaan kami," ujar Yusak.