KAWASAN
Kampus Unila (Nik/harlam)
17/2/2015 17:43:21
955

Unila Gelar Bimtek Verifikator Dana

Harianlampung.com - Universitas Lampung (Unila) menggelar bimbingan teknis (bimtek) verifikator usulan dana, Selasa (17/2). Kegiatan yang diikuti 60 peserta ini berlangsung di ruang sidang lantai II Gedung Rektorat Unila.

Bimtek yang akan berlungsung hingga Rabu (18/2) ini dibuka Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Dwi Haryono. Peserta bimtek terdiri dari para bendahara pengeluaran pembantu (BPP) dan para operator dari bagian keuangan di masing-masing unit kerja Kampus Unila.

Dr. Dwi Haryono yang juga sebagai pemateri pada bimtek tersebut mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberi bimbingan pada para verifikator perguruan tinggi agar lebih optimal memberikan pelayanan. "Unila saat ini sudah bersatus sebagai Badan Layanan Umum (BLU). Karena itu, diperlukan petugas verifikator yang memahami mekanisme verifikasi dana sesuai aturan kerja BLU," kata Dwi melalui rilis pada harianlampung.com.

Menurut Dwi, berdasarkan hasil evaluasi, daya serap verifikasi dana masih rendah. "Rata-rata menumpuk di bulan Desember. Ini akan mempersulit saat pemeriksaan, karena mendekati tutup tahun. Saya harap ke depan tidak terjadi lagi hal yang demikian,” terangnya.

Dwi menghimbau, setiap unit kerja di tingkat fakultas maupun universitas dapat menggunakan anggaran sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan. Meski demikian, anggaran tersebut harus dialokasikan dan digunakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Melalui bimtek ini, sambungnya, aturan baru yang berkaitan dengan verifikator usulan dana, disosialisasikan. Dia berharap, para BPP dan operator mampu menunjang semua kepentingan unit kerja .“Kita sudah BLU, maka mekanismenya pun baru. Supaya tidak salah dalam mekanisme penggunaan anggaran, kita adakan bimtke ini,” jelasnya.
(nik/mnz/eh)