KAWASAN
Satono (harlam/dok)
19/2/2015 19:40:01
1048

Kejaksaan Segera Lelang Aset Satono

Harianlampung.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandarlampung segera melelang beberapa aset milik terpidana Satono, mantan Bupati Lampung Timur, yang berada di Kelurahan Kedamaian, Tanjungkarang Timur.

Kepala Kejaksaan Negeri Bandarlampung, Widiyantoro, Kamis (19/2), menyebutkan aset itu berupa tiga bidang lahan masing-masing berukuran 922 m2, 309 m2, 307 m2, dan tiga bangunan seluas 442 m2, 200 m2 dan 252 m2.

Lelang aset Satono itu dilakukan menyusul terbitnya surat perintah dari Kejaksaan Agung (Kejagung). “Suratnya saya terima tadi (Kamis, 19/2). Kami akan koordinasikan dengan pihak KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang) untuk menentukan waktu lelang," kata dia.

Menurut Widi, Kejagung memerintahkan Kejari Bandarlampung menjual barang sitaan tersebut melalui KPKNL Lampung. Lelang dilakukan terbuka untuk umum dengan penawaran lelang hingga tercapai penawaran tertinggi. Nilai aset yang akan dilelang mencapai Rp2 milyar lebih.

Hasil lelang disetorkan ke kas negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan pendapatan uang pengganti tindak pidana korupsi yang ditetapkan pengadilan. “Nanti waktu lelangnya kami umumkan ke publik, supaya masyarakat tahu. Siapa tahu saja ada yang mau ikut lelang,” kata dia.

Sementara untuk aset lain milik Satono yang juga disita negara, Widi mengaku masih melakukan penafsiran harga. “Aset yang lain belum, karena tafsirannya harganya belum keluar," tuturnya.

Pelelangan aset Satono itu untuk mengganti kerugian negara sebesar Rp10,5 milyar. “Ya harus mencapai Rp10,5 milyar. Kalau yang mau dilelang ini kan hanya Rp2 milyaran lebih, jadi masih kurang,” jelasnya.
(doni/mf/eh)