KAWASAN
Sisa bangunan rumah adat Batak di Taman Wisata Cakat, Tulangbawang
17/11/2014 15:34:39
4188

Rumah Adat Batak di Taman Wisata Cakat Terbakar

Harianlampung.com - Rumah rumah adat Batak yang berada di Taman Wisata Cakat Raya, Kecamatan Menggala Timur,  Kabupaten Tulangbawang, Provinsi Lampung, pada Sabtu (15/11) sekitar pukul 05.30, terbakar.

Saksi mata, Limin (40) warga sekitar, mengaku melihat kobaran api setelah sholat subuh. "Kobaran api besar melalap salah satu rumah adat yang ada ditaman wisata itu. Hanya sebentar, seluruh bangunan yang terbuat dari kayu ludes," ujarnya. 

Menurut dia, mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kebakaran setelah semua bangunan rumah adat itu diselimuti si jago merah.  Petugas pemadam kebakaran menyiram api yang masih memakan puing-puing bangunan.

Taman Wisata Cakat Raya merupakan milik Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang. Namun ironisnya, sejak taman wisata itu didirikan, terlihat tidak mendapatkan perhatian serius, baik dari pemkab maupun instansi terkait. 

Hal itu terlihat dari bangunan rumah adat tidak terawat dan terkesan mubazir. Bahkan, rumah adat yang dibangun dibangun dengan udang rakyat itu, belakangan menjadi tempat pacaran anak muda, katanya.

Kapolsek Menggala, Tulangbawang, AKP. Zulfikar, mewakili Kapolres Tuba, AKBP. Agoes Soejadi, mengatakan, saat ini masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran yang terjadi di Taman Wisata Cakat Raya.

Dugaan sementara, kebakaran yang menghanguskan rumah adat itu akibat konseleting listrik. Kerugian akibat kebakaran, masih menunggu laporan dari dinas yang terkait, ujarnya.
(mf/imr/nad)