KAWASAN
Ilustrasi (harlam/dok)
23/2/2015 22:28:23
2388

Pesisir Barat-Kodim Sosialisasi Ketahanan Pangan

Harianlampung.com - Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura (DPTPH) Kabupaten Pesisir Barat dan Kodim 0422 Lampung Barat mengadakan sosisalisasi ketahanan pangan.

Sosialisasi yang dihadiri Pj Bupati Pesisir Barat Kherlani dan jajarannya ini merupakan tindak lanjut penandatanganan fakta integritas antara Kodim 0422 dengan Kepala DPTPH setempat.

Kepala DPTP Pesisir Barat Lingga Kesuma mengatakan, fakta integritas tersebut untuk mendukung program peningkatan ketahanan pangan nasional sekaligus membantu menyukseskan target produski padi 1 juta ton yang dicanangkan Pemprov Lampung. Menurut Lingga, ada tiga kendala yang dihadapi untuk mencapai target produksi 1 juta ton padi.

Kendala dimaksud diantaranya, Perubahan  jadwal tanam dan kelangkaan pupuk. “Untuk mengantisipasi kelangkaan pupuk ini, kita perlu back up dari Babinsa. Ini mengapa TNI dilibatkan untuk  menyukseskan program ketahanan pangan,” terang Lingga.

Sementara Dandim 0422 Letkol. Inf  Joko Warsito mengatakan, MoU dari pimpinan TNI-AD sudah sampai ke Kodim 0422. TNI sebagai pendamping, lanjut dia, berharap terjalin koordinasi dengan pelaksana langsung program ketahanan pangan, DPTPH, penyuluh dan petani. “Personel TNI (Babinsa) terbatas. Karena itu dibutuhkan koordinasi dan komunikasi yang baik, agar program 1 juta ton beras di Lampung tahun 2019 tercapai,“ kata Dandim.

Pj Bupati Pesisir Barat Hi. Kherlani dalam sambutannya mengatakan, program 1 juta ton produksi padi yang dicanangkan Pemprov Lampung  harus dilakukan dengan merubah manset SDM, khususnya di Kabupaten Pesisir Barat.

Kemudian dilakukan dengan pemanfaatan tekhnologi tepat guna dalam usaha Budidaya Pertanian. “Saya  berharap, kita dapat merubah menset pemikiran SDM (petani) dalam melaksanakan usaha budidaya pertanian,” kata Kherlani.
(samson/mnz/eh)