KAWASAN
Irigasi di areal pesawahan (ilustrasi)
18/11/2014 19:37:41
10812

Pesawaran Bangun Irigasi untuk 1.000 Ha Sawah

Harianlampung.com - Pemerintah Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, akan membangun irigasi untuk mengairi lahan sawah seluas 1.000 hektar. Proyek ini dikerjakan berkoodinasi dengan pemerintah provinsi. 

Menurut Kabid Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Pesawaran, Anwar Sadat,  pemprov akan mengambil-alih penanganan proyek irigasi itu. Program ini juga sudah dibahas bersama instansi terkait di provinsi beberapa waktu silam.

"Pemkab Pesawaran, nanti dalam pelaksanaan proyek itu hanya sebagai penyedia lahan dan pendamping Dinas PU Provinsi," ujar di ruang kerjanya, Senin (17/11).

Anwar menjelaskan, ada tiga lokasi areal persawahan di Pesawaran yang luasnya mencapai lebih dari 1.500 hektar. Yaitu di Desa Gunungrejo, Kecamatan Waylima, Desa Padangratu, Kecamatan Gadingrejo, dan Dewa Pujorahayu, Kecamatan Negrikaton.

Meski berbeda kecamatan, ketiga lokasi lahan persawahan itu  saling berbatasan. Terutama yang di Kecamatan Waylima dan Kecamatan Gedongtaaan, aral persawahannya berbatasan dengan beberapa desa di Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu.

"Di Kecamatan Gadingrejo,  areal sawahnya lebih dari 1.000 hektar. Jadi untuk daerah yang berbatasan itu, berkoordinasi dengan dua kabupaten lain," ujarnya.
(niz/doy/mf/hl)