KAWASAN
Wali Kota Bandarlampung Herman HN pada pelatihan perkebunan kopi.
20/11/2014 16:20:33
4474

Kelompok Tani Ikut Pelatihan Perkebunan Kopi

Harianlampung.com - Tujuh kelompok tani di Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Kemiling, Bandarlampung mengikuti pelatihan kelembagaan perkebunan, Rabu (19/11). 

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Kehutanan dan Perkebunan (Distanakhutbun) Kota Bandarlampung, Agustini mengatakan, pelatihan kelembagaan dan budidaya ini, diikuti para petani kopi dan kakao.

“Selain proses penanaman, juga melatih penanganan pasca panen. Kita juga telah memberikan bantuan bagi petani kakao, dengan cara memberikan bantuan alat untuk fermentasi kakao, agar nilai jualnya semakin tinggi saat dijual,” Jelas Agustini.

Diungkapkan dia, selain melatih baik sebelum dan sesudah panen, pihaknya juga merangkul mitra usaha, agar hasil panen dari kelompok tani binaan dapat dijual dengan mudah dengan harga yang sesuai. 

“Ya kita juga ada mitra usaha, jadi kelompok tani binaan kita nggak bingung kalau menjual hasil panennya. Yang jelas, pelatihan ini untuk meningkatkan suberdaya manusia, terutama petani kopi dan kakao,” kata dia. 

Sementara Walikota Bandarlampung, Herman HN menyambut baik adanya pelatihan ini, agar petani binaan Pemkot Bandarlampung bisa lebih pintar lagi, dan banyak menghasilkan produk berkualitas.

Namun, pihaknya juga mengingatkan, karena lahan di sekitar banyak yang masuk ke dalam lahan kawasan. 

“Daerah ini kan banyak yang masuk ke lahan kawasan, bisa ditanam terus tapi nggak bisa dipotong, makanya tanamlah tanaman yang menghasilkan, seperti cabe, kopi, kakao atau lainnya,” kata dia.

Diungkapkan dia, jika tanaman kopi telah memasuki usia tidak produktif, pohonnya tidak bisa di tebang, makanya petani harus pintar memanfaatkan lahan tersebut. Karena lahan kawasan ini diperuntukan bagi daerah resapn air,” tukasnya. 

Yang jelas, sambung dia, pihaknya meminta agar semua petani bisa memanfaatkan lahan kawasan dengan baik. 

“Ya ditanamin apa, yang penting tanamannya menghasilkan,” imbuh dia.
(r4/nay/mf)