KAWASAN
Abiburahman (vita/harlam)
11/3/2015 15:33:53
734

Dukung Swasembada Pangan, BP4K Waykanan Bentuk Pokja

Harianlampung.com - Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Waykanan akan membentuk kelompok kerja (Pokja). Pembentukan pokja ini sebagai tindak lanjut upaya mendukung suksesnya pelaksanaan program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah pusat.

Kepala BP4K Waykanan Abiburahman mengatakan, pokja ini akan bertugas menyusun dan melaksanakan berbagai kegiatan pendukung untuk mesukseskan program swasembada pangan dan target produksi padi 1 juta ton yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Lampung.

"Anggota pokja akan kita rekrut dari unsur internal BP4K dan para tenaga penyuluh pertanian kecamatan di Kabupaten Waykanan," kata Abiburahman pada harianlampung.com di ruang kerjanya, Rabu (11/3).    

Dia menerangkan, nantinya pokja ini akan dibagi beberapa tim sesuai kebutuhan dan jumlah anggota. "Masing-masing tim akan bertugas memberikan pembinaan terhadap petani di tiap kecamatan," terangnya.       

Pembinaan dilakukan meliputi seluruh aspek pendukung usaha pertanian, mulai dari sistem irigasi, pengoptimalan pengolahan lahan, teknik budidaya sampai penanganan pascapanen.

"Tim ini juga akan bekerjasama dengan aparatur kecamatan dan kampung. Kemudian, tim akan memberikan laporan dan evaluasi setiap minggu. Kita juga sudah memberikan pembekalan kepada semua penyuluh agar saling berkoordinasi, sehingga pokja yang akan kita bentuk dapat bersinergi dengan aparatur kampung dan kecamatan," jelasnya.
(vita/mnz/eh)