KAWASAN
Kota Bandarlampung
24/11/2014 14:12:48
4682

Bangunan Harus Bersertifikat Layak Fungsi

Harianlampung.com - DPRD Kota Bandarlampung sedang menggodok Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Gedung dan Bangunan. Di antaranya mengatur setiap gedung harus bersertifikat layak fungsi.

Hal itu diutarakan Ketua Badan Legislatif (Banleg) DPRD Kota Bandarlampung, Imam Santoso, Minggu (23/11). Menurutnya, sertifikat layak fungsi akan dikeluarkan oleh Tim Ahli Bangunan dan Gedung (TABG).

TABG, kata dia, merupakan tim Adhoc yang dibentuk dari unsur Akademisi dan sejumlah satuan kerja yang berkompeten dalam bidang bangunan dan gedung.

“Jadi, sertifikat ini semacam rekomendasi untuk para investor. Dengan kata lain, sebelum ada rekomendasi layak dari TABG, maka satker terkait tidak boleh mengeluarkan izin kepada pemohon,” tandasnya.

Menurut Imam, Raperda tentang gedung dan bangunan dinilai memang diperlukan agar penataan tata ruang di kota ini semakin baik.

“Coba dilihat sekarang, penataan gedung di kota ini semraut. Banyak bangunan yang beralih fungsi,” kata Imam.

Atas dasar itulah perda itu dibuat, sehingga bangunan yang tidak sesuai dengan fungsinya dapat dievaluasi dan ditinjau ulang dokumen perizinannya.

“Hasil kunjungan kerja kita ke Kota Batam, untuk mempelajari tentang regulasi gedung,” katanya.

Menurutnya, Kementrian Pekerjaan Umum melalui Dirjen Cipta Karya, menyarankan Banleg DPRD Kota menyambangi Kota Batam untuk menyempurnakan Perda Gedung. 

“Sebab, daerah tersebut sudah terlebih dahulu memiliki Regulasi yang sama,” katanya.

Hasilnya sangat membantu Banleg dalam menggodook Perda yang direncakanan akan diparipurnakan pada 15 Desember 2014 mendatang. 
(r4/mf/bln)