KAWASAN
Rakor KP3
26/11/2014 14:20:22
5793

Ketersediaan Pupuk Kunci Ketahanan Pangan

Harianlampung.com - Ketersediaan pupuk dengan harga yang terjangkau merupakan kunci mewujudkan ketahanan pangan melalui kelangsungan produksi. Karena itu, hingga kini pemerintah memberikan subsidi pupuk kepada petani.

Hal itu ditegaskan Junaidi Hasyim, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, saat membuka Rapat Koordinasi  Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3), Senin (24/11).

Rakor berlangsung di Balai Proteksi Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Pringsewu itu, diikuti kepala UPT, penyuluh pertanian, serta distributor pupuk se-kabupaten setempat.

“Penyediaan sarana produksi pertanian terutama pupuk merupakan prioritas utama dalam pembangunan bidang pertanian," kata Junaidi yang menyebut, rakor ini juga sekaligus mengevaluasi penyaluran pupuk bersubsidi.

Menurut dia, penyediaan dan penyaluran pupuk bersubsidi yang tepat sasaran, memerlukan upaya pengamanan melalui pengawasan secara terkoordinir dan komprehensif oleh instansi terkait baik ditingkat pusat maupun daerah.

"Kami telah membentuk Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida yang disahkan melalui Surat Keputusan Bupati No. B/441/KPTS/D.07/2013," jelas Junaidi.

Untuk meningkatkan pengawasan penyaluran pupuk bersubsidi, Sekda Pringsewu juga telah mengesahkan Surat Keputusan No.800/39/KPTS/2014 tentang  susunan tim pengawas, dan tim verifikasi penyaluran pupuk di tingkat  kabupaten dan kecamatan.

Guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, ada beberapa langkah yang ditempuh pemerintah nasional maupun lokal. Di antaranya adalah meningkatkan produktivitas hasil pertanian pangan, perluasan areal tanam serta pengembangan sumber daya dan kelembagaan petani,” tutup Junaidi.
(lis/iq/mf)