KAWASAN
Bambang Kurniawan
27/11/2014 09:20:55
2265

Korban Banjir Bandang Dapat Bantuan

Harianlampung.com - Meskipun acara diadakan secara mendadak, pemberian bantuan uang tunai untuk puluhan warga Pekon Sukabanjar, Kotaagung Timur dan Pekon Ketapang, Limau, berjalan lancar. Bantuan diserahkan Bupati Tanggamus, Provinsi Lampung, Bambang Kurniawan.

Bantuan untuk korban banjir dengan kerusakan parah di Pekon Sukabanjar sebanyak tujuh orang, yakni Asdari, Suwanto, Toyo, Anwar, Ubaydi, dan Hendri. Masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp3,5 juta. Mawardi yang mengalami kerugian lebih besar yakni rumah hanyut beserta harta benda termasuk satu unit sepeda motor dan sejumlah uang, mendapat Rp4 juta.

Ada 30 korban lain yang rumahnya mengalami kerusakan sedang, mendapatkan bantuan sebesar Rp1 juta. Lalu sebanyak 14 Kepala keluarga di Pekon Ketapang yang rumahnya rusak sedang mendapatkan bantuan sebesar Rp1,5 juta.

Bambang mengatakan bantuan yang diberikan pemda tidak sebanding dengan kerugian akibat banjir bandang itu. Tapi, setidaknya pemkab telah membantu meringankan beban korban.

"Mudah-mudahan bantuan yang  tidak seberapa ini dapat meringankan. Kita juga harus senantiasa berdoa agar bencana serupa tidak terulang kembali," ujar bupati.

Bambang minta masyarakat mewaspadai bencana banjir, khususnya bagi mereka yang tempat tinggalnya dekat dengan sungai.

Jika pindah rumah tidak memungkinkan, kalau hujan deras terus, sebaiknya mengungsi ke tempat lebih aman, sebab dikhawatirkan air bah datang, apalagi bulan ini intensitas hujan tinggi.

Mawardi, salah satu korban banjir mengaku pasrah dengan hilangnya harta benda lantaran tersapu banjir bandang. Menurut dia, yang terpenting keluarga selamat.

"Saya mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Pak Bupati beserta jajaran atas bantuannya. Memang jumlahnya tidak sebanding dengan harta yang hilang, tapi saya pasrah. Ini sudah kehendak Tuhan dan harta bisa dicari lagi," kata dia.

Banjir bandang menerjang dua pekon yaitu Pedukuhan Cukuhbetung dan Batubalai, Pekon Sukabanjar Kecamatan Kotaagung Timur dan Pekon Ketapang, Kecamatan Limau, Rabu (5/11) malam. Dampak bencana alam itu, dua jembatan di ruas Jalur Lintas Pesisir yang menghubungkan Kecamatan Kotaagung Timur dengan Kecamatan Limau milik Provinsi Lampung lumpuh.

Kemudian genangan air juga merendam sedikitnya 23 rumah warga di Pedukuhan Batubalai, Pekon Sukabanjar. Luapan air dari Sungai Waybinjay juga menghanyutkan seekor kerbau dan merendam 10 hektar sawah petani yang baru ditanam sekitar satu minggu lalu.

Sedangkan di Kecamatan Limau, tepatnya di Pedukuhan Celuluk dan Galihngantuk, Pekon Ketapang, banjir juga merendam sedikitnya 17 rumah serta merendam puluhan hektare sawah yang baru ditanami. Akibatnya, sebagian besar petani dari dua kecamatan itu terancam gagal panen pada musim tanam ini.
(riz/mf/bln)