KAWASAN
Pasar Seni Enggal. (harlam/dok)
13/4/2015 08:41:12
618

Hidupkan Pasar Seni Melalui Wisata Kuliner

Harianlampung.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandarlampung akan menggandeng masyarakat untuk menghapus citra buruk Pasar Seni Enggal (PSE).

Menurut Kepala Disbudpar Bandarlampung, Yus Amri Gaus, pihaknya akan tetap menerapkan konsep 4K, yakni keamanan, kenyamanan, kebersihan dan keindahan. Terlebih, saat ini PSE sudah dilengkapi dengan fasilitas wisata kuliner, sehingga dapat memanjakan pengunjung.

"Mudah-mudahan melalui itu image jelek PSE yang terlanjur sudah terbangun dapat dihapuskan," kata Yus Amri, kepada harianlampung.com, Ahad (12/4).

Yus Amri mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan potensi Car Free Night (CFN) di PSE setiap malam. Program CFN yang awalnya digelar di Jalan Ahmad Yani ini akhirnya terpaksa dipindahkan, alasannya dulu CFN sempat membuat kemacetan panjang di sekitar ruas jalan tersebut. Awal tahun ini CFN lantas dialihkan ke PSE.

"Di sana kami harap, orang bisa lebih tertarik untuk datang. Bukan sekadar nongkrong tapi mengisi dengan kegiatan yang positif. Biar sekitar PSE ini ramai, orang-orang datang ke sana untuk melihat ini loh ikon Bandarlampung yang perlu didatangi," katanya.

Kadisbudpar menilai PSE memiliki potensi yang sangat baik. Didukung dengan kemudahan akses, karena terletak di tengah kota, PSE dengan pengelolaan yang baik seharusnya mampu berkembang lebih jauh. Sayang, hingga saat ini Pemkot terkendala pengembangannya karena status kepemilikan asetnya masih dipegang Pemerintah Provinsi.

"Ke depan kami harapkan aset ini bisa diserahkan kepemilikannya ke pemkot, sehingga anggaran pemeliharaannya bisa ditambah. Pemkot juga tidak lagi kesulitan mengucurkan dana untuk pengembangannya. Kalau sekarang ini kami gak bisa kotak-katik terlalu banyak, soalnya masih punya orang. Kalau anggaran terlalu besar dialihkan ke sana, bisa kena pasal gratifikasi,"

Terakhir Yus Amri menerangkan, untuk mensukseskan program tersebut, Disbudpar akan menggandeng sejumlah satuan kerja (satker) lainnya. seperti Badan Polisi Pamong Praja (Bapol PP) dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (Disbertam).

"Soal keamanan dan kenyamanannya nanti kita panggil Banpol PP untuk membantu. Keindahan dan kebersihan taman di PSE akan kita ajak Disbertam. Namun, yang paling besar mensukseskan program ini ya masyarakat. Makanya saya himbau untuk masyarakat, tolonglah sama-sama menjaga PSE, jangan dirusak fasilitas yang ada. dan jaga juga keamanannya,” tutupnya.
(iqbal/andi/mf)