KAWASAN
Ilustrasi (harlam/dok)
03/12/2014 13:59:43
4298

Bantuan Alat Peraga Sekolah Janggal

Harianlampung.com - Realisasi bantuan alat peraga  senilai Rp8,9 miliar untuk sekolah tahun 2014  yang disalurkan Pemkab Tulangbawang Barat, Provinsi Lampung, melalui Dinas Pendidikan setempat diduga tidak sesuai  prosedur. Anehnya, dinas terkait mengaku tidak tahu prosedur penyaluran bantuan dan tidak dilibatkan.

Tahun 2014 Pemkab Tulangbawang Barat mengalokasikan  bantuan untuk 45 SD,  22 SMP, dan 7 SMA serta  10 SMK.

Sejumlah kepala sekolah di Tulangbawang Barat yang menerima bantuan tersebut mengaku tidak mengetahui  ketentuan  item alat peraga yang mereka  terima. Bahkan, beberapa jenis alat peraga tidak memiliki satuan harga.

"Kami tidak tahu persis berapa nilainya dan seperti apa  kentetuan item alat praga yang seharusnya kami terima. Kami hanya menerima bantuan  peralatan laboratorium, IPA,  Kimia, Biologi, dan Fisika," kata seorang Kepala SMK  yang tidak ingin disebutkan namanya.

Kepala Bidang Perencanaan Dinas Pendidikan  Tulangbawang Barat Jumadi  mengaku, ia tidak tahu persoalan itu karena tidak pernah dilibatkan. "Saya tidak tahu  soal bantuan tersebut.  Saya juga tidak pernah dilibatkan," kata Jumadi.   

Menurut Jumadi, jika namanya dikaitkan, ia siap dipertemukan dengan Sekertaris Dinas Penididikan Tulangbawang Barat Iskandar selaku pejabat pembuat komitmen  (PPK)  bantuan alat peraga sekolah.

Sekertaris Dinas Pendidikan Tulangbawang Barat Iskandar  membantah soal itu. "Nanti Jumadi saya  panggil," kata dia.
(fik/riz/mf)