KAWASAN
Jalan Bandarlampung (harlam/dok)
07/5/2015 15:16:35
335

Persiapan Lebaran, Bandarlampung Survei Beban Jalan

Harianlampung.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandarlampung berencana menyurvei beban jalan di sejumlah titik dalam rangka persiapan mudik Lebaran.

"Kemarin kami rapat terpadu dengan Ditjen Bina Marga dan Ditlantas Polda Lampung," kata Kabid Lalu Lintas Dishub Bandarlampung, Iskandar, Kamis (7/5).

Ada 16 kabupaten/kota akan survei Jalinsum mulai dari Pelabuhan Bakauheni-Bandarlampung-Metro-Terbanggibesar-Menggala-Sukadana-Labuhan Maringgai-Ketapang, jelas dia.

Survei direncanakan pada pertengahan bulan ini, dan Dishub merencanakan survei Terminal Rajabasa, Jalan Bypass Sukarno-Hatta, dan ruas Jl. Yos Sudarso, Panjang.

"Dua ruas jalan tersebut jadi titik masuk pemudik dari Jawa ke Kota Bandarlampung. Sedangkan terminal jadi titik pusat pemudik sebelum menuju ke daerah satelit," katanya kepada harianlampung.com.

Dalam survei ini juga mencakup perbaikan jalan dan rute-rute alternatif yang mengarah masuk ke dalam Kota Bandarlampung.

Kadishub Bandarlampung Rifai mengatakan, pihaknya akan menggandeng Badan Narkotika Nasional dalam pemeriksaan sopir angkutan umum saat Lebaran nanti.

Pemeriksaan ini bertujuan untuk menjamin keselamatan penumpang dan pengguna jalan lainnya. "Penyalahgunaan narkoba ini sudah masif. Pemeriksaan ini untuk meminimalkan kemungkinan itu terjadi di kalangan sopir angkutan," katanya.
(iqbal/riz/eh)