KAWASAN
Kabupaten Pesisir Barat (Rul/dok)
14/10/2014 10:11:19
14014

Pesisir Barat: Dari Gunung Hingga Pasir Putih

Harianlampung.com - Pesisir Barat merupakan kabupaten termuda di Provinsi Lampung. Daerah otonom hasil pemekaran Kabupaten Lampung Barat ini, disahkan pada tanggal 25 Oktober 2012 berdasarkan UU No. 22 Tahun 2012.

Pembentukan Kabupaten Pesisir Barat mulai dirintis sejak tahun 2005. Para tokoh  masyarkat di daerah ini, pada tanggal 20 Februari membentuk Panitia Persiapan Pembentukan Kabupaten Pesisir Barat. Panitia terbagi dalam tiga kelompok wilayah kerja: tingkat kabuapten di Krui, tingkat provinsi di Bandarlampung, dan tingkat pusat di Jakarta.


Rencana pembentukan kabupaten yang berpusat di Krui itu, memperoleh respon positif dari masyarakat luas. Terlihat dari banyak media, koran maupun elektronik, yang menurunkan liputan tentang rencana pembentukan daerah otonomi baru itu. Seminar dan kajian juga banyak dilakukan kalangan akademisi maupun masyarakat umum.


Respon positif dan dukungan dari berbagai pihak, makin memacu semangat Pantitia Persiapan Pembentukan Kabupaten Pesisir Barat Propinsi Lampung. Panitia pun bekerja cepat melengkapi persyaratan, baik teknis, administratif, maupun fisik, sesuai UU NO. 32/2004 dan PP No. 129/2000.

Dalam waktu relatif singkat persyaratan berhasil dipenuhi. Panitia akhirnya memperoleh dukungan dari DPRD Lampung Barat dan persetujuan dari Bupati Lambar Erwin Nizar. Persetujuan serupa juga diperoleh dari DPRD Provinsi Lampung dan Gubernur Sjachroedin ZP.


Perjuangan itu akhirnya membuahkan hasil. Kabupaten dengan wilayah 2.445,89 km² ini memiliki penduduk 449,345 jiwa, ini menjadi kabupaten dengan disahkannya UU No. 22 Tahun 2012. Kherlani dilantik menjadi Penjabat Bupati Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

Kabupaten yang berada di pesisir barat Lampung itu, memilili 11 kecamatan yaitu Belimbing, Bengkunat, Ngambur, Pesisir Selatan, Krui Selatan, Pesisir Tengah, Way Krui, Karya Penggawa, Pesisir Utara, Lemong, dan Pulau Pisang.


Krui yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Pesisir Barat, dikenal memiliki pantai berpasir putih dengan panorama yang indah. Setiap tahun ratusan bahkan ribuan turis datang ke sana. Pantai Krui menjadi incaran peselancar karena ombaknya disebut-sebut terbaik ketiga di dunia. Lautnya juga menantang bagi para pemancing karena di sana banyak ikan blue marlin.


Selain itu, Kabupaten Pesisir Barat juga kaya dengan hasil hutan, pertanian, seperti kopi, kakao, lada, dan kelapa sawit. Di sektor kehutanan, daerah ini menjadi penghasil getah damar mata kucing, damar terbaik di dunia.
(ftu/red/bis)