KAWASAN
Mukhlis Basri. (lemy/harlam)
22/5/2015 10:25:56
636

Gotong Royong Jadikan Masyarakat Hidup Rukun

Harianlampung.com - Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri mengajak masyarakat untuk mempertahankan semangat gotong-royong. Budaya ini terbukti menjadikan masyarakat hidup rukun penuh kekeluargaan dan membangun kebersamaan dalam keberagaman.

Demikian Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri pada peringatan Gerakan Nasional Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (GN-BBGRM) ke-XII dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-43 tingkat kabupaten setempat di Pekon Pahayujaya, Kecamatan Pagardewa, Kamis (21/5).

Melalui kegiatan yang bertemakan Kita Gelorakan Kerja Gotong-royong Menuju Kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat, menurut bupati, menjadi momentum untuk menggugah hati masyarakat tentang pentingnya gotong-royong untuk  mewujudkan kesejahteraan bersama.

Untuk itu, Mukhlis mengajak masyarakat mempertahankan semangat gotong-royong  dalam kehidupan sehari-hari. Meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, dan gotong-royong.

Selain itu, Mukhlis menyampaikan beberapa sasaran yang akan dicapai melalui kegiatan ini. Antara lain, meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat, peran aktif masyarakat dalam pembangunan, kemitraan antara masyarakat dan pemerintah,  serta meningkatkan rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap hasil-hasil pembangunan.

Kepada para kader PKK diminta memadukan gerak langkah dan bersinergi bersama pemerintah mengantisipasi masalah sosial dan meningkatkan perekonomian keluarga.

“Peran serta dan kiprah kesatuan gerak PKK selama ini telah memberikan konstribusi yang bermakna dalam peningkatan kesejahteraan keluarga. Kami apresiatif terhadap eksistensi gerakan PKK,” ujar bupati.  Kepala BPMPP Daman Nasir dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kepedulian dan peran aktif yang berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan menuju penguatan integritas sosial.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Barat  Helwiyati Komala Dewi mengungkapkan warga PKK yang memiliki komitmen untuk terus tampil terdepan sebagai mitra pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Selain itu, dia juga meminta TP PKK ikut bertanggung jawab dalam upaya pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan, khususnya kanker payudara dan kanker leher rahim.

Pada kesempatan itu, Helwiyati mengumumkan pemenang lomba kegiatan PKK. Lomba administrasi PKK: Peringkat I Pekon Sumberarlam, Kecamatan Airhitam; II Basungan, Pagardewa; III Purawiwitan, Kebuntebu. Lomba PKDRT terbaik pertama Sumberalam, Air Hitam; II Sukapura, Sumberjaya; III Purawiwitan, Kebuntebu.

Lomba UP2K PKK peringkat I Sumberalam, Airhitam; II Sumberagung, Suoh; III Purawiwitan, Pagardewa. Lomba pemanfaatan Perkarangan I Sumberalam, Airhitam; II Puramekar, Gedungsurian; III Waspada, Sekincau. Lomba pemanfaatan hasil toga juara I Sumberalam, Airhitam; II Kubuliku, Batuketulis, III Hanakau, Kecamatan Sukau.
(lemy/mf/eh)