KAWASAN
Jalan provinsi di Pekurun. (deki/harlam)
09/12/2014 13:33:08
2121

Jalan Pekurun, Penghubung Berbagai Kabupaten Rusak

Harianlampung.com - Jalan milik Provinsi Lampung yang terletak di Desa Pekurun Tengah, Kecamatan Abung Pekurun, Lampung Utara, kondisinya rusak parah. Padahal, jalan ini banyak dilintasi kendaraan beban berat terutama truk yang membawa pasir dan hasil bumi.

Keterangan yang dihimpun dari warga setempat, Selasa (9/12), kendaraan yang melintasi jalan itu banyak bermuatan lebih, sehingga salah satu pemicu jalan makin rusak. 

Rakibun, warga setempat, mengatakan, kondisi seperti ini sudah lama terjadi, tapi belum ada tanda-tanda perbaikan dari pemerintah. Kerusakan makin parah karena truk yang melintas tiap hari bermuatan berat dan melebihi tonase, terutama truk pengangkut pasir, batu bata, dan genteng dari Lampung Tengah. 

Sepanjang jalan di desa itu pun tidak ada drainase (siring), akibatnya  ketika hujan, air mengalir lewat badan jalan dan bisa dipastikan aspal tergerus air. Airnya juga mandek di badan jalan. 

Warga setempat berharap pemerintah segera memperbaiki jalan tersebut. 

Jalan itu merupakan penghubung antar-kabupaten, lintasan dari Kabupaten Lampung Utara ke Lampung Tengah dan Pringsewu, dan sebaliknya. 

Tidak sedikit juga kendaraan dari Sumatera Barat yang menuju ke Lampung Tengah, Pringsewu, Tanggamus melintas di jalan tersebut. Apalagi yang mengangkut pasir dan hasil tambang lainnya, bahkan yang membawa hasil sawit petani untuk dikirim ke pabrik CPO di Padang Ratu, Lampung Tengah.
(deki/mf)