KAWASAN
Konferwil PWI Waykanan (vita/harlam)
26/5/2015 11:09:43
670

Profesional dan Kode Etik, Permudah Fungsi Pers

Harianlampung.com - Pers di Kabupaten Waykanan harus bisa menyukseskan pilkada di daerah itu yang tak lama lagi digelar. Sekaligus menjalankan fungsi sosialnya mengawasi pemerintahan, dengan mengedepankan kaidah jurnalisme.

Hal ini dikatakan Ketua PWI Cabang Lampung Supriyadi Alfian saat Konferensi Wilayah (Konferwil) ke-IV PWI Waykanan, Selasa (26/5).

"Jika itu semua dijalankan dengan profesionalitas dan menjunjung tinggi kode etik, bakal mudah dilakukan," kata Supriyadi.

Dikatakannya, anggota PWI di Waykanan terbilang belum banyak, karena ketatnya seleksi yang dilakukan PWI. "Untuk menjadi anggota PWI, mereka harus bernaung di perusahaan yang jelas, dan wartawan harus lulus dalam UKW (uji kompetensi wartawan)," terangnya.

Sebelumnya, pengurus PWI beramah tamah dengan Bupati Waykanan Bustami Zainudin, di rumah dinasnya, Senin (25/5) malam.

Bupati mengatakan, siapa pun yang terpilih menjadi ketua PWI nanti dalam konfewil, hendaknya berlapang dada. Sikap ini akan membawa PWI tetap utuh.

Menurut Bustami, dalam demokrasi tidak mengenal kalah dan menang. Jadi siapapun yang memimpin PWI harus mampu menjadi pemimpin amanah. "Sebenarnya sebagai pemimpin tak mudah, karena harus mampu menjalankan kebijakan dan aturan yang telah ada," katanya.
(vita/riz/eh)