KAWASAN
Muhtadin Sera`i dan Mukhlis Basri (lemy/harlam)
10/12/2014 21:12:01
3043

Lambar dan OKU Selatan Jajaki Kerjasama

Harianlampung.com - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Ogan komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatera Selatan. Kerjasama yang dijajaki dalam bidang  pengelolaan potensi alam.

Bupati Lampung Barat, Mukhlis Basri, didampingi beberapa kepala Satuan Kerja (Satker), Rabu (10/12) melakukan pertemuan dengan Bupati Oku Selatan, Muhtadin Sera`i. Pertemuan  yang berlangsung di Rumah Dinas Bupati OKU Selatan itu  untuk membahas formula kerjasama pengelolaan  potensi  alam kedua daerah.

Dalam pertemuan itu juga,  kedua kepala daerah mengupas persoalan jalan penghubung kedua kabupaten (Liwa-Sukau) dan Ranau-Muaradua yang masing-masing berstatus jalan provinsi untuk diusulkan menjadi jalan negara. Mengingat jalan tersebut menjadi jalur lintas pengubung dua provinsi.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab  Lampung Barat Burlianto mengatakan, dalam pertemuan tersebut Bupati Mukhlis berupaya mengusulkan jalan provinsi ruas Liwa-Sukau (perbatasan dengan Oku Selatan) untuk dinaikan status menjadi jalan negara.

Namun hingga kini usulan tersebut  belum mendapat persetujuan pemerintah pusat. "Karena itu,  perlu kerja sama dua kabupaten perbatasan untuk kembali mengusulkan keniakan status  ruas  jalan  penghubung  tersebut," terang  Burlinto.

Selain itu dalam pertemuan tersebut, Lanjut Burlianto  Mukhlis juga membahas kerjasama untuk pengelolaan potensi Danau Ranau. Diketahui, tig perempat luas perairan  Danau Ranau  masuk wilayah Kabupaten OKU Selatan, dan sisanya  masuk wilayah Kabupaten  Lampung Barat.

"Danau ini punya potensi. Ditambah lagi  kultur budaya dan adat  masyarakat di kedua  wilayah kabupaten ini hampir sama.  Kerjasama  bertujuan  untuk memaksimalkan  potensi wisata  di kawasan Danu Ranau, "jelasnya.
(lemy/mnz/mf)