OLAHRAGA
Tim sepakbola Lampung. (rusidi/harlam)
14/12/2014 22:39:23
1875

Sepakbola Gagal ke Grand-Final

Harianlampung.com - Tim sepakbola Lampung harus mengubur impiannya untuk menembus babak grand final Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja I 2014 Jawa Timur. 

Di babak semifinal yang digelar di stadion Jenggolo, Sidoarjo Minggu (14/12) sore, Danang Ari Putra dkk harus bertekuk lutut kepada tim tuan rumah, Jawa Timur dengan skor telak 0-5. Pupuslah harapan tim sepakbola Lampung untuk mendulang medali emas PON Remaja I.

Anti klimaks itulah kalimat yang pantas ditujukan buat tim sepakbola Lampung saat meladeni permainan tim Jatim. Permainan anak-anak Lampung tidak sebaik saat berlaga di babak delapan besar saat menghadapi Sulawesi Selatan satu hari sebelumnya. 

Permainan cepat dengan koordinasi dan kerjasama tim yang baik tidak terlihat sama sekali. Bahkan permainan tim besutan Edi Iswantoro ini tampil seperti orang kurang darah dan tidak punya greget sama sekali.

Pada menit 6, Jatim sudah unggul terlebih dahulu setelah tembakan Wildan membentur kaki pemain belakang Lampung dan bola melewati kiper M Fadhil Ramadhan. Ketinggalan 0-1, anak-anak Lampung kurang begitu ngotot untuk membalas dan menyamakan skor. 

Sebaliknya tim tuan rumah yang diarsiteki Mursyid Efendi tampil kesetanan. Terbukti dengan terciptanya gol kedua Jatim dimenit 19 yang diciptakan oleh M Ilham lewat tembakan menyusur tanah dan gagal diselamatkan kiper Lampung.

Gol ketiga Jatim disumbangkan Arizal Risqi pada menit 34 lewat sundulan keras memanfaatkan umpan hasil tendangan pojok. Ketinggalan 0-3, pelatih Edi Iswantoro tidak terlihat untuk merubah pola permainan. 

Duet striker Raes Mahendra dan Idham Sanuri juga tidak memiliki daya juang dan motivasi yang tinggi. Sehingga pemain belakang Jatim juga tidak banyak bekerja. Hingga jedah waktu kedudukan tidak berubah 0-3 untuk Jatim.

Memasuki babak kedua, pola permainan Lampung tidak juga mengalami perubahan sama sekali. Permainan banyak dikuasi tim Jatim, terutama di lini tengah begitu dominannya permainan anak-anak Jatim. 

Rizkita yang diandalkan untuk menyuplai bola ke depan terlihat tidak berjalan. Dibabak kedua Jatim menambah dua yang masing-masing diciptkan oleh M Ilham pada menit 63 dan Yesa W dimenit 85.

“Permainan lebih banyak dikuasai anak-anak Jatim. Hari ini anak-anak kita tampil di bawah form dan seperti terbebani. Saya tidak tau mengapa anak-anak bermain seperti tidak memiliki nyali dan motivasi. Ya sudahlah, kami akan evaluasi untuk menghadapi Maluku Utara diperebutan ketiga,” kata Edi Iswantoro seusai pertandingan.

Pada pertandingan babak semifinal sebelumnya, Jawa Tengah berhasil mengalahkan Maluku Utara dengan skor 4-1. Dengan demikian dibabak grand final akan saling berhadapan antara Jawa Tengah kontra Jawa Timur yang akan dilaksanakan sebelum acara penutupan PON Remaja I di stadion Deltras Sidoarjo, Senin (15/12) sore. 

Namun akan dilaksanakan pertandingan perebutan juara ketiga terlebih dahulu antara Lampung versus Maluku Utara di stadion Jenggolo, Sidoarjo.

(rusidi/mf)