OLAHRAGA
Maskot, Gajah Mengangkat Barbel. (sulis/polindonetwor)
11/9/2015 19:09:05
2755

Pringsewu Tuan Rumah Kerjunas Angkat Besi Antar-PPLP

Harianlampung.com - Kabupaten Pringsewu siap menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Angkat Besi Antarpusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) se-Indonesia, pada 9 hingga 15 November mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pringsewu, Samsir Kasyim, Jumat (11/9) mengatakan, kegiatan itu digelar di Padepokan Gajah Lampung dan diikuti sekitar 250 lifter.

"Kami yakin lifter Lampung bakal menyabet juara umum pada Kejurnas 2015," katanya, saat peringatan ke-32 Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang dipusatkan di Pendopo Pringsewu, Jumat (11/9) sekaligus louncing maskot kejuaraan tersebut, Gajah Mengangkat Besi (barbel).

Samsir Kasyim menuturkan, Kejurnas Angkat Besi Antar-PPLP tersebut merupakan hajat Provinsi Lampung, namun karena direkomendasikan Kabupaten Pringsewu menjadi tuan rumah maka amanah itu siap dijalankan dengan sebaiknya.

"Kami juga sedang mempersiapkan segala sesuatunya baik sarana dan prasarana," ujarnya.

Persiapan itu, di antaranya membentuk kepanitiaan yang melibatkan beberapa unsur, baik pemerintah pusat maupun daerah, Dispora Pringsewu juga Dispora Lampung, pihak PABBSI Lampung, KONI Pringsewu dan KONI Lampung serta pihak terkait lainnya.


"Untuk draf kepanitiaan sudah kami susun, tinggal mengisi personalianya. Dalam waktu dekan ini kami akan mengundang seluruh personil kepanitiaan untuk pembahasan dan pemantapan program kerja," katanya.

Dia menjelaskan, untuk pelaksanaan lokasi pertandingan itu semula ada tiga tempat, GOR Pringsewu, Pendopo, dan di Padepokan Gajah Lampung.

Namun berdasarkan masukan dan berbagai pertimbangan akhirnya pelaksaannya dipusatkan di Padepokan Gajah Lampung milik Imron Rosadi atau yang akrab disapa Sengong.

"Begitu pula sarana dan prasarana lain seperti penginapan bagi para rombongan atlet juga transpotasi, telah dipersiapkan. Semua sudah dipersiapkan secara matang," tuturnya.

Samsir Kasyim mengaku optimistis lifter Lampung bakal menyabet juara umum pada even Kejurnas PPLP tahun 2015, pihaknya akan menerjunkan sekitar 46 lifter putra-putra dari berbagai kelas dan angkatan.

"Sudah terbukti, beberapa pelajar Pringsewu saat mengikuti kejuaraan terbuka angkat besi remaja tingkat Nasional Satria Remaja III, di Bandung, Jawa Barat, pada Juni 2015, lifter Pringsewu-Lampung menyabet juara umum. Saat itu dari Pringsewu-Lampung hanya mengirimkan 18 atlet, namun bisa mendapat 13 mendali, 10 emas dan 3 perunggu," katanya.

Otimistis, pihak Dispora Pringsewu terus melakukan pembinaan dan pemantapan kepada para lifter yang akan bertanding di bawah asuhan para pelatih dari Padepokan Gajah Lampung yang dipimpin Imron Rosadi dan pengawasan PABBSI Lampung.

"Kami terus melakukan pembinaan dan mensuport para lifter yang akan mewakili dan membawa nama harum Provinsi Lampung dan Kabupaten Pringsewu," kata Samsir Kasyim.

Bupati Pringsewu, Sujadi ketika melakukan Louncing Maskot Kejuaraan Nasional Angkat Besi Antarpusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) berupa gambar Gajah Mengangkat Besi (Barbel), mengharapkan semua pihak terkait juga masyarakat Pringsewu untuk turut peduli mensukseskan kegiatan tersebut.

"Demi menjaga nama baik khususnya Kabupaten Pringsewu dan Provinsi Lampung, mari kita bersama-sama sukseskan ajang bergengsi ini. Apalagi Pringsewu sebagai pusatnya para atlet angkat besi yang banyak menorehkan prestasi, baik tingkat nasional maupun internasional," ujarnya.

"Saya harapkan panitia mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan matang agar semua berjalan dengan sukses, baik persiapan akomodasi penginapan tamu juga transportasinya. Semoga dengan kebersamaan dan rasa tanggung-jawab yang tinggi, semua bisa berjalan dengan baik dan sukses," katanya.

Ketua KONI Kabupaten Pringsewu, M. Ali Khan bangga Pringsewu mendapat kehormatan dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kejurnas.

"Kami mempunyai tanggung jawab moral untuk mensukseskan kegiatan itu. Kami sudah melakukan pembinaan kepada para atlit angkat besi tersebut, semoga juara umum dapat kita raih," ujar Ali Khan.

Para pelajar asal Pringsewu yang meraih emas kejurnas remaja, Bagus Ramadhan pada kelas 38 kg (pelajar kelas V, SDN 2 Fajaragung). Adelia Prasasti 24,65 kg (kelas V SDN1 Fajaragung), Nurvita Sari kelas 38,80 kg (kelas VI SDN 2 Pringsewu Utara), Puryadi kelas 40,50 kg (kelas V SDN 1 Podomoro).

Dio Alfandi kelas 45,15 kg (kelas IX SMP Muhammadiyah PringsewuI), Purwanti kelas 43,45 kg (Kelas VIII SMP N 3 Pringsewu), M. Nurul R kelas 49,50 kg (kelas X SMK 2 Mei Pringsewu), M. Halim Setiawan kelas 55 kg (kelas VII SMPN 3 Pringsewu), Bernadicta BMS kelas 50,20 kg (kelas VII SMPN 3 Pringsewu), Roy Samsul B kelas 85.10 kg (kelas X SMPN 2 Pringsewu).

Peraih perunggu Jajang Cahyo P kelas 42 kg (SMPN 2 Pringsewu), M. Risky kelas 50 kg (SMP Islam KH. Gholib Pringsewu), dan Mei Purnama Sari kelas 48 kg (SMPN 3 Pringsewu).
(lis/ddg)