OLAHRAGA
Ilustrasi (harlam/dok)
07/1/2015 20:55:30
2322

Tim Takraw Putri Berpeluang Besar Lolos PON

Harianlampung.com - Pengurus Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Lampung optimistis tim Sai Bumi Ruwa Jurai dapat merebut satu tiket ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 206 mendatang di Bandung, Jawa Barat. 

Namun, tim sepak takraw Lampung harus berjuang terlebih dahulu di babak prakualifikasi (Pra-PON) yang rencananya berlangsung di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.  

Abdul Rasyid, Sekretaris Umum PSTI Lampung, kepada harianlampung.com, Rabu (7/1) siang menjelaskan, tim sepak takraw Lampung, baik putra maupun putri, harus berjuang keras untuk lolos ke PON XIX 2016. Karena cabor sepak takraw secara hitung-hitungan kekuatan tim cukup merata dan peluang untuk lolos dari babak prakualifikasi fifty-fifty.

“Perlu diketahui bahwa untuk babak prakualifikasi PON nanti, Lampung masuk dalam wilayah dua yang dilaksanakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Jadi untuk pra-PON nya Lampung tidak masuk dalam Porwi. Tapi ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Lampung karena tim-tim Sumatera secara tim sangat kuat,” terang rasyid sapaan Abdul Rasyid.   

Menurut Rasyid, untuk pra-PON wilayah II akan diikuti oleh Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan. Sedangkan tim-tim Sumatera lainnya, pra-PON nya dilaksanakan bersamaan dengan Porwil di Bangka Belitung. Kendati demikian, hal tersebut bukan menjadi persoalan karena semua tim memiliki kekuatan yang merata.

Dari Wilayah II akan diambil masing-masing dua tim terbaik yang lolos ke PON XIX 2016 mendatang. Lampung memiliki peluang lolos ke PON ada di nomor tim putrid yang saat ini secara materi pemain cukup mumpuni. Sedangkan tim  putra peluangnya berat karena DKI Jakarta, Kalimantan Barat dan tuan rumah adalah daerah yang cukup kuat di bagian putra.

Lebih lanjut Rasyid menambahkan, saat ini tim yang ditangani oleh pelatih kepala Abdul Malik, pelatih putra Abu Jakkar dan pelatih putri Mursalin, sedang menjalani pelatihan provinsi system, sesuai program dari PSTI baik pada program kerja jangka panjang maupun jangka pendek. Pelatihan dipusatkan di Lapagan Takraw Ambustra Bandarlampung, dengan masa latihan tiga kali dalam satu minggu.

Menyangkut persiapan atlet, menurut Rasyid, saat ini tim selalu berlatih dengan full-tim. Dengan demikian pelatih berjalan denganlancar, meski kadangkala harus tertunda atau terhenti karena hujan turun. 

Lapangan Ambustra adalah lapangan terbuka milik  Klub Ambustra Bandarlampung. Takraw Lampung masih mengandalkan atlet-atlet senior seperti Irma (atlet pelatnas Sea Games), Ayu dan Linda, dan lapis kedua.

Sedangkan di kelompok putra juga terbagi dalam dua lapis, di mana lapis pertama dan kedua tidak jauh berbeda dalam kemampuannya.
(rusidi/mf/eh)