OLAHRAGA
Ilustrasi (harlam/dok)
26/1/2015 19:14:30
7320

Dispora Maksimalkan Persiapan Atlet Popnas

Harianlampung.com - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Lampung akan memaksimalkan persiapan  atlet menuju Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 10 sampai 17 September 2015 mendatang di Bandung, Jawa Barat. 

Dalam ajang tersebut, para atlet Lampung diharapkan berhasil memberikan prestasi terbaik, mengharumkan nama daerah di pentas nasional.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga  Provinsi Lampung  Hannibal kepada harianlampung.com, Senin (26/1)  menerangkan, dengan persiapan yang lebih lama diharapkan kemampuan para atlet dapat lebih mumpuni. Sehingga perjuangan para atlet di medan laga dapat lebih maksimal dengan menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam usaha menjadi juara. 

“Untuk lebih memaksimalkan prestasi para atlet kita di Popnas nanti, kita akan lebih mempersiapkan atlet seoptimal mungkin. Kita juga berharap atlet yang dikirim ke Popnas nanti benar-benar siap baik teknik, fisik dan mental," terang didampingi Edi Sunarso Kabid Olahraga.

Edi Sunarso menambahkan, pada Popnas nanti kemungkinan besar Lampung akan ambil bagian dalam  15 cabor dari 19 cabor yang dipertandingkan. Ada beberapa cabor yang prakualifikasinya melalui Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil)  maupun cabor yang lolos berdasarkan kouta dari PB Popnas. Untuk cabor yang seleksinya melalui Popwil dan dipastikan lolos adalah sepakbola, pencak silat dan bola voli.

“Insya Allah kita akan mengirimkan atlet terbaiknya di Popnas nanti. Popnas adalah sebagai ajang evaluasi hasil latihan bagi para atlet pelajar. Dispora akan lebih selektif dalam memilih dan menentukan siapa saja atlet yang akan diikutsertakan ke Popnas. Lampung harus mampu bersaing dengan daerah-daerah lain dalam meraih prestasi,” jelasnya.

Selain mempersiapkan para atlet ke Popnas, Dispora juga akan mengirimkan atlet ke Pomnas, Kejurnas antar PPLP dan PPLM serta melakukan try-out untuk beberapa cabor ke provinsi luar Lampung. Ini dimaksudkan agar para pelatih dapat melakukan evaluasi program latihan yang diberikan kepada atlet. Begitu juga bagi atlet dapat dijadikan untuk menambah pengalaman bertanding (jam terbang) guna menempa mental juara.
(rusidi/mnz/eh)