OLAHRAGA
Atlet Lampung (harlam/dok)
01/2/2015 19:49:08
3814

Atletik Lampung Optimistis Hadapi Jatim Open

Harianlampung.com - Persatuan Atletik seluruh Indonesia (PASI) Lampung bertekad meloloskan atletnya sebanyak mungkin ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat.

Pelatih atletik Hadi Wacono mengatakan, persiapan menuju PON Jawa Barat, dengan mengirimkan atlet terbaik ke kejuaraan Jawa Timur Terbuka (Jatim Open) 18-21 Maret mendatang di Surabaya. Untuk ini, PASI akan menyeleksi khususnya bagi atlet lapis kedua.

Demikian dikatakan Hadi Wacono pelatih atletik Lampung, Minggu (1/2) sore.

Saat ini PASI Lampung mempersiapkan beberapa atlet untuk mengikuti beberapa even guna meraih tiket ke PON XIX 2016. Menurut dia, ada beberapa tahapan bagi atlet Lampung untuk dapat tampil di PON. Babak prakualifikasi PON pertama adalah Jatim Open 2015.

“Untuk pra-PON atletik akan dimulai pada kejuaraan Jatim Open di Surabaya bulan depan. Di Jatim Open nanti kami mengirimkan atlet terbaik maupun lapis kedua. Namun untuk atlet lapis kedua akan diseleksi, yang terbaik diikutsertakan ke Jatim Open,” kata Hadi Wacono kepada harianlampung.com, Minggu (1/2) sore.

Beberapa atlet inti yang dipersiapkan mengikuti Jatim Open, diantaranya Eko Wicaksono (lompat tinggi galah), Hendri Setyawan (lompat tinggi galah), Iwan Budianto (400 m lari gawang putra), Zakaria Malik (110 m gawang putra).

Sedangkan atlet lapis kedua yang akan menjalani seleksi adalah Widianto (400 m gawang putra), Rifky Arifiyan (400 m gawang putra) dan satu atlet putri Juwarti (400 m gawang putri).

“Mereka (tiga atlet terakhir), akan menjalani seleksi yang akan dilaksanakan pada 9 Maret . Namun sebelumnya beberapa atlet juga akan mengikuti even lokal yaitu  Bandarlampung Open bulan depan. Sedangkan 4 atlet inti sudah dipastikan akan dikirim ke Jatim Open,” tambah mantan atlet lompat tinggi galah nasional ini.

Selain Jatim Open, masih ada beberapa even atau multieven yang dijadikan sebagai babak prakualifikasi PON. Diantaranya adalah Kejurnas Atletik (2-5 September) di Jakarta, Porwil (September) di Bangka Belitung. Untuk Kejurnas PPLM dan Kejurnas Atletik Senior dan Junior, PB PASI belum menetapkan waktu dan tempat pelaksanaannya.
(rusidi/mf/eh)