OLAHRAGA
Syahruddin DEM (harlam/dok)
02/2/2015 14:57:56
956

135 Atlet Berprestasi Lampung Ikuti Pelatprov Jangka Panjang

Harianlampung.com - Sebanyak 135 atlet putra-putri berprestasi Lampung mengikuti program pemusatan latihan provinsi (pelatprov) pembinaan jangka panjang KONI Lampung tahun 2015.

Mereka nantinya dipersiapkan menghadapi berbagai even atau kejuaraan nasional, internasional, serta multieven, seperti Pra-PON 2015 maupun PON XIX 2016 di Bandung, Jawa Barat.

Kabid Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Lampung, Syahruddin DEM, kepada harianlampung.com, Senin (2/2), mengatakan, di Bandarlampung, hasil rapat evaluasi tim Satgas KONI Lampung menetapkan sebanyak 135 atlet dari 22 cabang olahraga masuk program unggulan pembinaan jangka panjang Pelatprov  KONI Lampung.

Menurut Sasam, sapaan Syahruddin DEM, pengurus KONI Lampung melalui tim satgas menerapkan sistem promosi dan degradasi untuk menjaring atlet berprestasi.

Atlet-atlet berprestasi terus dipantau sepanjang tahun untuk mengetahui naik turunnya prestasi yang diraih pada suatu even nasional maupun internasional.

Program pembinaan Pelatprov KONI Lampung berdasarkan kelompok, yaitu pembinaan madya, pratama, potensial A, dan potensial B. Pengelompokan disesuaikan raihan prestasi para atlet  di tingkat nasional dan internasional sepanjang tahun.

Atlet yang meraih prestasi tertinggi akan dipromosikan ke kelompok madya, pratama, dan seterusnya.

Pada tahun 2015, kata dia, cabor angkat besi dan angkat berat menjadi penyumbang atlet terbanyak masuk pelatprov. Hal ini tidak terlepas pencapaian prestasi para lifter Lampung di tingkat nasional maupun internasional sepanjang tahun 2014.

Kemudian cabang atletik dan senam menyusul sebagai cabor yang ikut andil menyumbangkan atletnya paling banyak di Pelatprov.

“Tahun 2015 ini ada peningkatan kurang lebih 30 persen atlet yang masuk ke pelatprov. Ini artinya pembinaan masing-masing cabor berjalan baik,” katanya.
(rusidi/riz/eh)