OLAHRAGA
PON XIX Jawa Barat. (iqbal/polindonetwork)
18/9/2016 15:29:08
769

Presiden Buka PON XIX di Stadion GBLA Bandung

Harianlampung.com - Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XIX di Bandung, Sabtu (17/09) malam. Pembukaan berlangsung meriah di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Kota Bandung, Jabar, Sabtu (17/9).

Dalam acara itu, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi. Hadir juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menkopolhukam Wiranto, Menko PMK Puan Maharani, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat dan isteri,

Dalam acara itu, para pejabat negara itu kompak mengenakan seragam PON berwarna biru muda dengan corak batik sunda, lengkap dengan ikat kepala batik.

Dalam sambutannya,  Presiden mengatakan pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX dan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XV merupakan momentum untuk menumbuhkan mental pemenang kepada para atlet Indonesia.

"Sebagai ajang pembinaan olahraga, PON adalah momentum untuk menggalakkan kompetisi olahraga, menggalakkan atlet-atlet nasional untuk berkompetisi olahraga," kata Jokowi.

Dikatakan Jokowi, kompetisi yang fair harus mulai ditumbuhkan dalam pertandingan mulai dari tingkat kecamatan hingga provinsi dan nasional.

Dengan begitu akan terbentuk jiwa yang sehat dan pemenang di segala cabang olah raga untuk pertandingan kelas dunia. "Selamat berkompetisi kepada para atlet. Berjayalah di tanah legenda, Provinsi Jawa Barat. Buatlah daerah-daerah kalian bangga, buatlah Indonesia bangga dengan prestasi kalian," ujar Presiden.

Acara pembukaan dimulai sekitar pukul 19.30 WIB dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu disusul pesta kembang api yang membuat suasana sangat meriah. Cuaca di sekitar lokasi tampak cerah, bahkan makin merih lantaran bulan purnama muncul di atas stadion.

Setelah pesta kembang api, acara dilanjutkan dengan penampilan anak-anak yang membawakan traksi musik dengaan drum dan tong, dilengkapi pemukul bercahaya.

Selanjutnya digelar defile kontingen tiap provinsi perwakilan atlet yang mengikuti PON tahun ini, yang dimulai dengan barisan atlet legendaris seperti Susi Susanti, Ade Rai, Taufik Hidayat dan lainnya.

Rangkaian defile itu selesai pukul 20.30 WIB diakhiri dengan defile tuan rumah Jawa Barat. Presiden Jokowi akan membuka langsung pagelaran PON ke XIX yang berlangsung tanggal 17-29 September dan diikuti 9 ribu lebih atlet dari 34 provinsi se-Indonesia itu.
(pin/iqb)