OLAHRAGA
Kroasia vs Islandia (inl/pin)
27/6/2018 08:45:07
732

Kroasia Juara Grup D Usai Bungkam Islandia

Harianlampung.com - Kroasia memastikan status juara Grup D setelah di laga terakhir mengalahkan Islandia 2-1. Kroasia menjadi tim kedua yang membukukan nilai sempurna di fase penyisihan.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Rostov Arena, Rabu (27/6/2018) dini hari WIB, Kroasia yang sudah dipastikan lolos lebih awal tetap mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola 60 persen berbanding 40 persen dilakukan Islandia.

Kendati demikian, kedua tim sama-sama memiliki banyak peluang. Kroasia tercatat melepaskan sembilan shots, dua diantaranya berbuah gol sedangkan Islandia melepaskan enam shots on target, satu diantaranya berujung gol.

Kroasia tidak memainkan skuad terbaiknya dengan mengistirahatkan Mario Mandzukic, Marcelo Brozovic dan Ivan Rakitic karena pertandingan ini sudah tidak menentukan lagi.

Sedangkan Islandia menurunkan tim terbaiknya. Hasilnya, Islandia mampu memberikan perlawanan berarti kepada Kroasia.

Menit ke-27 Islandia hampir saja mencetak gol andai sepakan Magnusson mengarah ke gawang Kroasia. Empat menit setelahnya giliran Gylfi Sigurdsson yang mengancam gawang Kroasia, sepakannya masih bisa diselamatkan kiper Kroasia, Lovre Kalinic.

Di penghujung babak pertama, Aron Gunnarsson membuat barisan belakang Kroasia kerepotan. Namun, belum ada gol tercipta sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Kroasia menggebrak sejak awal. Hasilnya, mereka membuka keuggulan di menit ke-53 lewat sepakan voli Badelj yang membentur tanah, bola tak bisa dihalau kiper Islandia, Hannes Halldorsson.

Islandia yang butuh kemenangan di laga ini untuk lolos ke babak 16 besar mendapat penalti setelah Dejan Lovren melakukan handsball di area terlarang. Sigurdsson yang maju sebagai eksekutor berhasil menyamakan skor jadi 1-1.

Saat laga diperkirakan berakhir imbag, Ivan Perisic menjadi pahlawan kemenangan Kroasia berkat golnya di menit ke-92. Sampai peluit panjang berbunyi, skor 2-1 bagi kemenangan Kroasia atas Islandia tak berubah.

Dengan hasil ini, Kroasia mengemas nilai sembilan hasil dari tiga kemenangan. Mereka mengikuti jejak Uruguay yang lolos ke 16 besar dengan membuat nilai sempurna. Sedangkan Islandia harus tersingkir karena hanya mengemas nilai satu hasil sekali imbang dan dua kali kalah.

Susunan Pemain

Islandia: Halldarson; Saevarsson, Ingason, R. Sigurdsson (Sigurdarson 70`), Magnusson; Gudmundsson, Bjarnassson (Traustason 90`); Gylfi Sigurdsson, Gunnarsson, Hallfredsson; Finnbogason (Gudmundsson 85`)

Kroasia: Kalinic; Corluka, Jedvaj, Caleta-Car, Pivaric; Perisic, Kovacic (Rakitic 81`); Modric (Bradaric 65`), Bedelj; Pjaca (Lovren 70`); Kramaric
(inl/pin)