OLAHRAGA
Atlet angkat besi Lampung (zah/dok)
30/11/2014 21:00:25
881

Empat Lifter ke Kejuaraan Ocenia-Asia

Harianlampung.com - Empat lifter angkat berat terbaik Lampung akan mengikuti kejuaraan internasional angkat berat Ocenia dan Asia, 7-13 Desember 2014 di Australia. 

Tiga diantaranya adalah lifter angkat berat senior yaitu Sri Hartati (kelas 57 kg putri), Noviana Sari (kelas 63 kg putri) dan Doni Meiyanto (kelas 74 kg putra) serta Ficky Aryanto yang tampil dikelompok junior putra kelas 66 kg.      

Hal tersebut disampaikan Anna Maria manajer tim angkat berat Lampung saat ditemui di Padepokan Angkat Besi dan Angkat Berat ‘Gajah Lampung’ Pringsewu, Sabtu (29/11) siang. Anna menambahkan bahwa pengiriman empat lifter angkat berat ini ke Australia sudah menjadi program pengurus PABBSI Lampung dalam usaha pembinaan atletnya.

 “Kita harus pandai-pandai memilih even yang diikuti oleh para atlet angkat berat Lampung. Karena di luar negeri banyak kejuaraan angkat besi atau angkat berat yang digelar, beda dengan di Indonesia yang sangat minim,” terang Anna.

 Pada kejuaraan angkat berat di Australia nanti, empat lifter Lampung tidak dibebani target khusus. Pengurus dan pelatih berharap para atlet nantinya dapat memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan ini dengan menunjukkan kemampuan terbaiknya. Sehingga hasil apapun nantinya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi pelatih dikemudian hari.

 Lebih jauh Anna menjelaskan, ada peraturan khusus yang diterapkan oleh panitia di Australia yaitu seluruh atlet yang bertanding tidak diperkenankan menggunakan sabuk.    

“Pada Kejuaraan nanti mempertandingkan angkat berat klasik, di mana para peserta tidak menggunakan sabuk dan perlengkapan lainnya,” tegasnya.

 Selain mengirimkan atletnya ke even nasional, PABBSI Lampung juga tengah mempersiapkan para lifternya untuk mengikuti kejuaraan nasional maupun babak prakualifikasi PON. Seperti diketahui dari PON ke PON, cabang angkat besi dan angkat berat merupakan lumbung untuk mendulang medali di even empat tahunan dan terbesar di tanah air tersebut. 
(zah/mf/hl)