OLAHRAGA
FIFA. (harlam/dok)
31/5/2015 14:41:37
1137

FIFA Cabut Keanggotaan Indonesia

Harianlampung.com - Federasi sepakbola Internasional, FIFA, menjatuhkan sanksi terhadap federasi sepakbola Indonesia (PSSI). Semua tim Indonesia baik nasional maupun klub dilarang melakukan aktivitas internasional termasuk berpartisipasi dalam kompetisi FIFA dan AFC.

Putusan tersebut diambil FIFA setelah menggelar emergency meeting Komite Eksekutif di Zurich, Swiss, Sabtu (30/05). Sanksi dijatuhkan karena pemerintah Indonesia dinilai telah melakukan intervensi terhadap PSSI.

Intervensi pemerintah, sebagaimana disebutkan FIFA, dianggap merupakan pelanggaran atas Pasal 13 dan 17 dari Statuta FIFA.

"Sanksi bagi PSSI langsung berlaku sesegera mungkin dan untuk waktu yang tidak ditentukan sampai PSSI bisa mematuhi peraturan Pasal 13 dan 17 Statuta FIFA," demikian pernyataan FIFA dalam surat yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Jerome Valcke.

Dijelaskan, selama masa hukuman, PSSI kehilangan hak keanggotaannya dan semua tim Indonesia (nasional maupun klub) dilarang melakukan aktivitas internasional termasuk berpartisipasi di kompetisi FIFA dan AFC.

"Sanksi kepada PSSI juga membuat setiap anggota dan ofisial mereka tidak bisa mendapatkan keuntungan apapun dari program pengembangan FIFA dan AFC, kursus, atau latihan selama dijatuhi sanksi," tandas pernyataan tersebut.

Meski demikian, FIFA memberi pengecualian terhadap  timnas Indonesia yang akan berlaga di SEA Games 2015 di Singapura. Timnas dapat mengikuti kompetisi SEA Games sampai selesai.

FIFA sendiri tidak memberikan batas waktu kapan sanksi itu dicabut. Namun, FIFA memberikan empat persyaratan agar sanksi tersebut dicabut. Empat syarat itu disebutkan dalam surat sanksi yang diberikan FIFA ke sekjen PSSI, Azwan Karim, tertanggal 30 Mei 2015.

Hal pertama yang disebutkan dalam syarat itu adalah Komite Eksekutif PSSI yang terpilih mampu mengelola urusan PSSI secara independen dan tanpa pengaruh dari pihak ketiga, termasuk Menteri (atau lembaganya). Syarat kedua, tanggung jawab untuk tim nasional Indonesia wewenangnya dikembalikan kepada PSSI.

Ketiga, tanggung jawab semua kompetisi PSSI dikembalikan wewenangnya kepada PSSI atau Liga yang berada di bawahnya. Terakhir, semua klub yang mendapatkan lisensi dari PSSI berdasarkan regulasi lisensi klub PSSI mampu bersaing di kompetisi PSSI. (pin/mf)