OLAHRAGA
Idham Sanuri (rusidi/harlam)
10/12/2014 21:52:20
1834

Sepakbola Lampung Lolos ke-8 Besar

Harianlampung.com - Bak banteng yang terluka akibat dikalahkan Jawa Tengah 1-4, tim sepakbola Lampung tampil trengginas dan mengamuk di laga kedua saat kontra Kalimantan Selatan dibabak npenyisihan Grup B PON Remaja I 2014 Jawa Timur. Pertandingan yang dilaksanakan di Stadion Jenggolo Sidoarjo, Rabu (10/12) siang, Ari Danang Saputra dkk menggilas Kalsel dengan skor telak 7-0.

Sebelumnya tim sepakbola Lampung dikhawatirkan mengalami drop kepercayaan diri usai ditekuk Jateng pada laga perdana. Namun hal tersebut tidak tampak dan para pemain bangkit dari keterpurukan mental serta bermain lepas dan terkoordinir.

Anak-anak Lampung terlihat termotivasi menghadapi pertandingan hidup mati, sebaliknya Kalsel  seperti bermain tanpa pola dan kehilangan akal meladeni permainan cepat yang dikembangkan tim besutan Edi Iswantoro.

Gol pembuka bagi kemenangan Lampung diciptakan oleh Idham Sanuri pada menit 9 setelah berhasil melewati penjagaan ketat pemain belakang. Idham pun langsung melepaskan  tembakan kerasnya yang terarah dan gagal dibendung penjaga gawang Kalsel.

Pada menit 15 Idham  Sanuri kembali menjebol gawang Kalsel yang dijaga Cahyadi setelah memanfaatkan umpan Raes Mahendra, kedudukan berubah 2-0.

Gol ketiga Lampung disumbangkan striker mungilnya Raes Mahendra pada menit 22. Gol berawal dari permainan satu dua sentuhan dengan Rizkita dan Idham di daerah kotak penalti lawan. 3-0. Sebelum waktu jeda, lagi-lagi Idham Sanuri membuat hattrick pada menit 45 setelah menerima assist dari Rizkita, kedudukan menjadi 4-0.

Memasuki babak kedua anak-anak Lampung terlihat lebih santai bermain dengan ke dalaman dan mampu mengalirkan bola dari kaki ke kaki cukup taktis. Namun sedikit agak mengendurkan tekanan ke pertahanan lawan, sehingga anak-anak asuhan Ismayana Arsyad mulai berani keluar menyerang.

Namun pressing yang dilakukan gelandang bertahan Lampung Dadang Permadi dan Mohammad Toha cukup ketat, sehingga permainan Kalsel tidak berkembang.

Menit ke-48 Lampung mendapatkan tendangan bebas dari luar kotak penalti, menyusul pelanggaran keras yang dilakukan Ari Hendra kepada Raeis, di sektor bek kanan Kalsel. Rizkita Wilangga yang mengambil tendangan bebas itu dengan tenang mampu mengkonversi menjadi gol. Tendangan yang melengkung melewati penjaga gawang Cahyadi dan masuk ke gawang setelah membentur sudut kiri atas gawang Cahyadi. 5-0.

Dua gol lainnya dicetak oleh Rizkita memanfaatkan umpan tarik dari Idham menit -62. Dan Raeis menambah pundi golnya setelah melakukan sedikit solo run memanfaatkan umpan dari Hady Pradana. 7-0.

Dengan kemenangan ini, Lampung dipastikan melaju ke delapan besar dengan nilai 3 dan produktvitas gol 8, kemasukan 4. Dan jika Jawa Tengah dapat mengalahkan Kalsel, maka Jateng dan Lampung akan maju ke perempat final. Di atas kertas, Kalsel akan sulit mengalahkan Jateng, yang tampaknya punya kelas lebih baik.

Sementara pelatih Edi Iswantoro mengakui memang banyak mengubah pola permainan dari sebelumnya. Kali ini Lampung lebih banyak melakukan pressing dan marking setiap kehilangan bola, sehingga cukup menguras tenaga, baik para pemain Lampung maupun pemain lawan.

“Saya minta anak-anak untuk melakukan penjagaan yang ketat setiap lawan terdekat dan jangan diberikan ruang tembak. Memang cukup menguras stamina, tetapi kalu pola ini berhasil, lawan akan jauh lebih kecapekan,” ujarnya usai pertandingan.
(rusidi/mf)