PARIWISATA
Jukung Teluk Kiluan (der/dok)
14/10/2014 14:15:13
6200

Teluk Kiluan: Bukit, Laut, Berburu Lumba-lumba

Harianlampung.com - Sekelompok lumba-lumba berlompatan menembus permukaan laut lepas. Beberapa saat kemudian, lumba-lumba itu mendekat hingga dalam jangkauan tangan penumpang perahu yang belayar di atasnya. Rasanya masih sulit dipercaya, bahkan mungkin seperti dongen, jika peristiwa itu benar-benar terjadi. Tetapi, itulah yang biasa dinikmati para pelancong yang berwisata di Teluk Kiluan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.


Siapa pun, akan merasakan sensasi yang tak terlupakan jika bisa menyaksikan langsung atraksi lumba-lumba di laut lepas. Dan, wisatawan yang berkunjung ke Teluk Kiluan dapat dengan mudah merasakan itu.

Dengan menyewa perahu Jukung dengan tarif Rp250 ribu hingga Rp300 ribu, wisatawan di Pulau Kiluan bisa menyaksikan dari dekat atraksi lumba-lumba di tengah laut. Bahkan, seringkali lumba-lumba itu berenang dekat perahu sehingga dapat disentuh wisatawan.


Menyaksikan dari dekat atraksi lumba-lumba di laut lepas, ibarat bonus spesial bagi wisatawan yang berkunjung ke Teluk Kiluan. Tempat wisata yang berjarak sekitar 80 km dari Bandar Lampung ini, juga menyuguhkan pemandangan yang mempesona. Alam tropis di pantai sekitar teluk dan pantai berpasir putih bersih, menjadi tempat rekreasi menarik untuk dinikmati bersama kerabat maupun keluarga.


Selain itu, wisatawan juga bisa menghabiskan waktu dengan berkunjung ke Pulau Kiluan. Di pulau yang luasnya sekitar 6 hektare ini, wisatawan dapat menikmati keindahan pulau kecil di tengah teluk.

Hanya perlu waktu 10-15 menit untuk menuju pulau itu dengan mengendarai perahu Jukung dari Desa Kiluan Negeri. Pantainya berpasir putih bersih, pemandangan biru laut lepas, dapat menjadi tempat yang tepat untuk sejenak mendamaikan diri.

Teluk Kiluan terletak di pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Topografinya yang berbukit dan berlembah menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan.


Di pantai Kiluan cukup banyak Rumah Panggung yang dihuni penduduk dan sebagian memang dikhususkan untuk tempat menginap para wisatawan, bila tak ingin menginap cottage-cottage yang ada di Pulau Kiluan.

Akses Darat

Jakarta – Pelabuhan Merak -- Ferry Merak – Bakahueni -- Bandar Lampung - Teluk Kiluan -- Pantai Teluk Kiluan - Pulau Kiluan (Jukung) - "berburu" Lumba-lumba.

Letak geografis

(103’40’ BT till 105’50’ BT and 03’45’ LS till 06’45’)

Koordinat GPS : S5.749252 E105.192740
(dir/sep/ftu)