PARIWISATA
Kawasan wisata Gunung Anak Krakatau (POLINDONETWORK/dok)
27/6/2015 15:18:53
2939

Lampung Ajukan Dua Kawasan Unggulan Pariwisata

Harianlampung.com - Lampung akan mengajukan dua kawasan unggulan pariwisata  dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Masing-masing kawasan wisata Pesisir Barat dan kawasan wisata Gunung Anak Krakatau.

Hal ini mengemukan saat rapat pembahasan KEK untuk zona pariwisata di Provinsi Lampung. Rapat dipimpin Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Pemprov  Lampug Adeham, Jumat (26/6) sore.

Menurut Karo Humas dan Protokol Pemprov Lampung Sumarju Saeni, pembahasan ini sesuai UU No. 39 Tahun 2009 tentang KEK yang mengharuskan pemerintah kabupaten/kota maupun provinsi  mengusulkan paling banyak tiga daerah kawasan  calon KEK.

Selain pariwisata dalam KEK juga terdapat zona pengolahan ekspor, zona logistik, industri, pengembangan teknologi, energi, dan ekonomi lainya.

"KEK nantinya dikembangkan melalui penyiapan kawasan yang memiliki keunggulan geoekonomi dan geostrategi, serta berfungsi menampung kegiatan industri, ekspor, impor, dan kegiatan ekonomi lainnya," kata Sumarju.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Lampung Herlina Warganegara mengatakan, pembentukan KEK ini diusulkan kepada Dewan Nasional di Jakarta.

Sedangkan lokasi yang dapat diusulkan untuk menjadi KEK harus memenuhi kriteria antara lain, sesuai  Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), dan tidak berpotensi mengganggu kawasan lindung.

Kemudian pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang bersangkutan berkewajiban mendukung KEK. Lainnya, terletak pada posisi yang dekat dengan jalur perdagangan internasional atau dekat dengan jalur pelayaran internasional di Indonesia, atau terletak pada wilayah potensi sumber daya unggulan.

Menanggapi pernyataan tersebut Kepala Balitbangnova Mulyadi Irsan mengatakan,   perlu ada kajian mendalam melibatkan berbagai stakeholder.
(ril/riz)