PARIWISATA
Tanjung Setia dari Bukit Barisan (Ardi/dok)
14/10/2014 16:10:40
7121

Tanjung Setia: Hijaunya Bukit dan Surga Peselancar

Harianlampung.com - Hamparan laut nan indah disertai deburan ombak yang saling berkejaran membuat para turis kerap mengunjungi pantai Tanjung Setia. Sebagian orang menilai, pantai ini tidak kalah menarik dengan pantai Kuta, Bali. Ya, tempat ini merupakan surga bagi peselancar dunia. Lokasinya terletak di Desa Tanjung Setia, Pesisir Selatan, Kabupaten  Pesisir Barat.


Pantai itu berjarak sekitar 52 km dari kota Liwa ke arah Krui. Atau sekitar 273 km (7 jam) perjalanan darat dari Kota Bandarlampung.


Disepanjang perjalan menuju lokasi, kita akan ditemani oleh panorama alam dari punggung Gunung Bukit Barisan disertai lereng dan jalan berkelok-kelok.

Maka tidak keliru, jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung kemudian memasukkan surfing competition 2014 di Tanjung Setia ke dalam rangkaian acara Festifal Krakatau (FK).


Tujuannya Pemprov tentu bukan saja mencari bibit peselancar yang handal, melainkan untuk lebih memperkenalkan keindahan alam yang dimilikinya ke dunia luar.


Sebab, hampir setengah peserta lomba surfing merupakan turis dari manca Negara yang kebetulan sedang berlibur di tempat itu.


Biasanya, Tanjung Setia akan ramai dikunjungi turis sekitar bulan Juni-Agustus karena ombaknya sangat bagus. Pada bulan tersebut, ketinggian ombaknya bisa mencapai 6-7 meter, dengan panjang hingga 200 meter. Tentu saja, bagi peselancar amatiran tempat ini bukanlah untuknya. Masihkah anda berpikir panjang untuk segera berlibur ke tempat ini.
(der/mir/law)