PARIWISATA
Air Terjun Waylalaan (polindonetwork/dok)
27/1/2016 07:27:34
3304

Kembangkan Wisata, Tanggamus Bina Pokdarwis

Harianlampung.com - Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Ekonomi Kreatif (Disparporaekraf) Kabupaten Tanggamus terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk menunjang program pengembangan pariwisata di daerah tersebut.

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Disparporaekraf Tanggamus, Marhasan Samba mengatakan upaya keberhasilan pengembangan pariwisata tidak bisa lepas dari  kualitas SDM pengelola wisata.

"Wisatawan akan datang, jika pengelolaan objek wisata dilakukan dengan baik dan profesional. Karena itu, peningkatan kualitas SDM tidak bisa diabaikan,” kata Marhasan pada harianlampung.com, Selasa (26/1).

Menurut dia, upaya peningkatan kualitas SDM  pengelola wisata akan dilakukan melalui pembentukan dan pembinaan kelompok sadar wisata (pokdarwis) di berbagai objek wisata.

Dia menerangkan, Pokdarwis adalah salah satu dari empat pilar kepariwisataan yang didasari Undang-undang Nomor 10 tahun 2009 tentang pariwisata. Empat pilar kepariwisataan itu ,yakni destinasi, promosi, atraksi dan kelembagaan.

“Pengembangan dan peningkatan SDM melalui Pokdarwis ini masuk dalam kategori pilar ke-empat (kelembagaan),“ terangnya.

Dia juga mengungkap, tahun ini Disparporaekraf Tanggamus menganggarkan dana Rp200 juta untuk peningkatan fasilitas wisata Air terjun Waylalaan.

Dana tersebut, lanjut dia, akan dipergunakan untuk memperbaiki tangga menuju air terjun pertama , shelter/pondokan, sarana MCK.

Kemudian, perbaikan ruang ganti pakaian dan pembuatan jalan akses menuju lokasi air terjun ke dua yang tidak jauh dari lokasi air terjun pertama.

"Proses pembenahan fasilitas wisata Air Terjun Waylalaan ini akan dimulai bulan April atau Mei tahun ini “ ungkapnya. (jal/mnz)
(jal/mnz)