PARIWISATA
Pembukaan Resto di Hefei City, Tiongkok. (polindonetwork/ist)
17/4/2016 19:57:53
2405

Diplomasi Kuliner, Menpar Resmikan Restoran di Tiongkok

Harianlampung.com - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memulai diplomasi kuliner dengan membuka restoran Wonderful Indonesia di Hefei City, Propinsi Anhui, Republik Rakyat Tiongkok.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Sabtu (16/4), meresmikan restoran di Victor Road No 10, Yaotai District, Hefei City, dan mengawali kampanye pariwisata Indonesia lewat perkenalan aneka makanan Nusantara.

"Makanannya standar lidah Indonesia," kata Menpar Arief Yahya.

Ini satu-satunya restoran dengan 30 ikon masakan Nusantara. Chefnya, Muhammad Nurrohman dan Rusna dari Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung. Keduanya akan berada di Hefei selama satu bulan, sebelum digantikan chef lain yang juga berasal dari STP Bandung.

Menurut Menpar, diplomasi kuliner adalah langkah cerdik memperkenalkan budaya Indonesia ke masyarakat Tiongkok. Indonesia memiliki 1.000 jenis kuliner namun baru 30 ikon yang distandardisasi dan bisa dipasarkan ke mancanegara.

"Kami juga mengajak investor China untuk mengembangkan kuliner Indonesia ke sekujur Tiongkok," kata Arief Yahya. "Wisman Tiongkok terus berkembang, mereka harus familiar dengan masakan khas Indonesia."

Kemenpar juga menggandeng sejumlah investor Tiongkok untuk membuka 20 Resto Wonderful Indonesia di beberapa kota di negeri semiliar wajah itu. Seluruh resto akan didesain bernuansa Indonesia, dengan kapasitas seratus orang.

"Kami juga mengundang investor Tiongkok untuk berbisnis restoran di Bali, Manado, dan Bintang," demikian Menpar.
(rls/mfn)