PARIWISATA
Hang Nadim Batam. (polindonetwork/ist)
09/5/2016 18:51:30
686

Wisman dan Wisnus Rebutan Hotel di Batam dan Bintan

Harianlampung.com - Libur panjang akhir pekan baru saja berakhir. Batam-Bintan mempunyai pengalaman menarik; tabrakan wisman dan wisnus.

Guntur Sakti, kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepulauan Riau, mengatakan biasanya wisman asal Singapura datang saat weekend, tapi kali ini mereka datang sejak tanggal merah dalam kalender nasional Indonesia.

"Mereka menyebut semua hotel dan sarana rekreasi," kata Sakti. "Terjadi `rebutan` kamar hotel, dari bintang lima sampai tak berbintang."

Sembilan lapangan golf di Batam dan Bintan juga diserbu wisatawan Singapura. Tempat-tempat wisata kebanjiran wisatawan domestik dan dari luar provinsi.

"Tren kunjungan wisatawan ke Batam dan Bintan cenderung terus naik," kata Sakti. "Ini terjadi sejak wahana Crystal Lagoon di Treasure Bay Bintan dibuka."

Suwarso, Kabag Umum Bandara Hang Nadim, mengatakan indikator pembludakan wisman terlihat sejak Selasa (3/5). Jika pada hari biasa hanya ada 4.000 penumpang di Bandara Hang Nadim, saat itu jumlah penumpang 7.800.

"Keesokan hari, meningkat menjadi 8.000 penumpang," kata Suwarso. "Kamis (5/5) penumpang mencapai 8.500, atau naik 30 persen. Inilah yang membuat industri pariwisata kewalahan."

Situasi serupa terjadi di pelabuhan. Syahbandar Pelabuhan Telagapunggur Erwin Syahrizal mengatakan pelabuhan dipenuhi penumpang sepanjang Kamis (5/5) dan Jumat (6/5).

"Penumpang yang datang sepanjang Kamis (5/5) berjumlah 4.962 orang, dengan jumlah pelayaran 87 kali," ujar Syahrizal. "Keesokan harinya, jumlahnya tak jauh beda."

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan situasi di Batam dan Bintan membuktikan betapa bisnis amenitas masih sangat terbuka. "Saya mengundang investor untuk berinvestasi di bisnis amenitas di Batam dan Bintan," ujarnya.
(rls/mfn)