PARIWISATA
Rakor bulanan Pemkab Pesisir Barat. (eva/pin)
14/3/2017 20:07:04
1293

Promosikan Wisata, Rakor Bulanan Digelar di Pulau Pisang

Harianlampung.com - Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal seperti tidak ingin menyia-nyiakan setiap kesempatan untuk mempromosikan wisata. Salah satunya dengan menggelar rapat koordinasi bulanan di Pulau Pisang.

Pada Selasa (14/3), rombongan bupati bersama para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD), menyeberang melalui Dermaga Kualastabas, Kecamatan Pesisir Tengah menggunakan speed boat dan perahu fiber nelayan menuju kecamatan yang menjadi wisata unggulan Pesisir Barat. Tiba di lokasi itu sekitar pkul 10.00 WIB.

Sapaan hangat masyarakat menyambut orang nomor satu di Bumi Para Saibatin dan Ulama dan rombongan. Kemudian mereka singgah beberapa saat di salah satu rumah penduduk di Pekon Sukadana, Kecamatan Pulaupisang sebelum menuju lokasi rakor di aula SMPN I Kecamatan Pulaupisang.

Dalam sambutan, Agus Istiqlal mengatakan sejak awal mengunjungi Pulau Pisang beberapa waktu silam, dia bertekad memajukan dan meramaikan pulau yang menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Pesisir Barat.

"Kegiatan seremonial apapun jika memungkinkan akan selalu digelar di Pulau Pisang, seperti rakor bulanan minimal tiga bulan sekali. Event tahunan Semarak Pulau Pisang harus lebih meriah lagi," papar Agus.

Selain itu, di kecamatan ini sudah terbentuknya tiga perwakilan SKPD Kabupaten Pesisir Barat atau Unit Pelaksana Tugas (UPT). Yakni Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan UKM, Dinas Pariwisata dan Badan Lingkungan Hidup. Agus minta ketiga UPT itu aktif menjalankan tupoksinya melayani masyarakat.



"Hal ini bertujuan agar Pulau Pisang bisa lebih cepat berkembang dan maju khususnya di bidang pariwisata. Sehingga enam desa di Pulau Pisang ini bisa mewujudkan daerah itu sebagai pulau pariwisata unggulan di Pesisir Barat bahkan Provinsi Lampung," papar Agus.

Untuk UPT Dinas Koperasi, Perindustrian,  Perdagangan dan UKM, agar bisa lebih aktif pemberdayaan kerajian tapis asli Pulau Pisang. Harus ada peningkatan dan tetap menjadi unggulan dan ikon kerajinan tangan unggulan.

"Saya mau Pulau Pisang menjadi unggulan dari semua potensi unggulan yang ada di Pesisir Barat. Pulau Pisang punya wisata pantai, industri tapis, kuliner bahkan nanti diharapkan ada hotel unggulan," jelasnya. Sehingga ke depan menjadi idaman wisatawan, yang tidak ke Pesisir Barat kalau belum berkunjung ke Pulau Pisang.

"Untuk mempercepat roda Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat mewujudkan masyarakat madani, mandiri dan sejahtera,  potensi pariwisata harus terjaga terus berkembang," pungkas Agus.


Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Barat, Jalaludin, mengatakan akan kembali menjadikan Pulau Pisang sebagai penghasil cengkih. Untuk ini, pemerintah akan mengadakan 10 ribu bibit cengkih untuk dikembangkan di Pulau Pisang.

"Pulau Pisang bukan hanya destinasi wisata pantai dan industri tapis, melainkan juga terkenal dengan potensi cengkih terbaik di Pesisir Barat," pungkas Jalal.

Rakor bulanan yang dipimpin Asisten Bidang Administrasi Umum, Husni Arifin dihadiri seluruh kepala SKPD, para camat dan seluruh peratin se-Pesisir Barat.
(eva/mfn)