PARIWISATA
Festival Budaya Bambu Seribu (sulistiyo/harlam)
06/4/2015 13:49:26
4257

Festival Budaya Bambu Seribu, Puncak HUT Pringsewu

Harianlampung.com - Puncak peringatan HUT ke-6 Kabupaten Pringsewu dimeriahkan dengan Festival Budaya Bambu Seribu ke-4 dan Malam Pesona Pringsewu 2015. Acara pada Sabtu (4/4) malam itu menyedot ribuan masyarakat setempat untuk menyaksikan.

Antusiasme warga mendatangi tempat acara karena saat itu cuaca cerah dan terang bulan. Acara yang digelar di halaman Pendopo Pringsewu juga banyak menampilkan berbagai kreasi seni.

Seperti penampilan para pemenang lomba lagu pop Lampung, lomba tari kreasi Lampung, lomba musik bambu se-Lampung, lomba film pendek se-Lampung, serta lomba desain kaos Pringsewu se-Lampung.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Pariwisata (Disdikbudpar) Pringsewu Hasan Fauzi, mengatakan, Festival Bambu Seribu bertujuan mengali dan melestarikan serta memberikan ruang berkreasi bagi masyarakat.

Peserta terdiri pelajar TK, SMP hingga perguruan tinggi. "Yang terpenting lagi acara tahunan itu dapat memberikan hiburan kepada masyarakat," kata Hasan.

Bupati Pringsewu Sujadi mengatakan, festival dan malam pesona Pringsewu rutin digelar setiap tahun karena amanat Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata.

"Pemerintah daerah berkewajiban melestarikan kebudayaan untuk memperkokoh jati diri bangsa, martabat, dan menumbuhkan kebanggaan nasional," kata dia.

Kegiatan ini berperan penting memberdayakan potensi yang ada. Terutama potensi wisata dan budaya guna memperkaya khasanah budaya nasional, ujar Sujadi.

Menurutnya, acara yang dikemas indah dan menarik dapat  menjadi hiburan istimewa bagi seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu.

”Juga  jadi motivasi bagi kita lebih mencintai Pringsewu beserta budaya luhur yang yang ada di dalamnya," tutur Bupati Pringsewu.
(sulistiyo/riz/eh)