POLITIK
Terminal Rajabasa atau pol damri. (POLINDONETWORK/ist)
22/6/2015 19:05:12
856

Dishub Lampung Siap Mengecek Fisik Bus

Harianlampung.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung segera mengecek fisik kendaraan angkutan umum penumpang (bus) antarkota dalam provinsi, untuk menguji layak tidaknya kendaraan mengangkut penumpang arus mudik Lebaran.

Kepala Dishub Provinsi Lampung, Idrus Effendi mengatakan, uji kelayakan kendaraan dilaksanakan pada 23 Juni 2015 hingga H-15 Idul Fitri.

"Pengecekan ini untuk menentukan kendaraan yang layak operasi atau tidak. Jika layak akan diberi tanda (stiker). Jadi calon penumpang bisa melihat jelas mana mobil yang laik mana tidak," kata dia, kepada harianlampung.com, di ruang kerjanya, Senin (22/6).

Dia mengatakan, kendaraan yang tidak layak tidak akan diberi izin trayek angkutan. "Selain mengecek di terminal, kami juga akan datangi pol kendaraan. Intinya semua angkutan Lebaran harus dalam keadaan baik," ujarnya.

Untuk tarif angkutan darat jelang Lebaran, belum ditentukan. Sebab, harus koordinasi dan menunggu petunjuk dari Menteri Perhubungan. "Kan ada ambang batas tarif tinggi atau rendah. Sekarang belum ada ketentuan, masih gunakan tarif normal," kata dia.

Sementara kesiapan angkutan laut di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan sudah tersedia 53 kapal yang siap beroperasi melayani pemudik.

"Normalnya hanya 27 kapal yang beroperasi sehari - hari, tapi setiap saat kalau ada penumpang yang jumlahnya memuncak maka akan ditambah," kata Idrus.

Ia mengatakan, untuk angkutan udara menjadi perhatian khusus Pemprov Lampung. "Walaupun penerbangan  masih terbatas. Kami berharap sesuai keinginan masyarakat, Bandara juga bisa melayani arus mudik dengan maksimal. Kami harap penumpang juga kalau mau pakai moda udara juga disesuaikan dengan kapasitasnya," ujar dia.

Dia mengatakan, pada dasarnya di tengah keterbatasan rute dan jumlah penerbangan di Bandara Raden Intan II, pihaknya berupaya melakukan persiapan untuk menyambut derasnya arus mudik. "Pada intinya kami siap. Bahkan sekarang sudah menambah rute penerbangan Garuda dari Lampung ke Palembang," kata dia.
(byu/ddg)