POLITIK
Transjakarta (polindonetwork/dok)
22/10/2015 18:22:10
449

Dishub Jakpus Razia, 13 Bus Transjakarta Dikandangkan

Harianlampung.com - Petugas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat memeriksa kondisi bus-bus transjakarta yang beroperasi di halte Harmoni, Kamis pagi (22/10). Pemeriksaan berlangsung selama 2 jam itu. Akhirnya sebanyak 13 unit bus transjakarta berhasil dijaring petugas Dishub Jakpus.

"Dari pemeriksaan busway di terminal Harmoni dapat 13 bus dikandangkan. Ada 4 bus besar (gandeng) dan 6 bus kecil (single)," kata Kepala Sudin Perhubungan Jakarta Pusat, Henri Perez Sitorus saat berada di Pasar Benhil, Kamis siang (22/10).

Belasan bus itu ternyata tidak memiliki surat yang lengkap. Bahkan kualitas bus juga tidak sesuai standar sehingga memengaruhi kenyamanan dan keselamatan penumpang.

"Bus-bus itu tidak memenuhi kelayakan dan kelaikan yang telah ditetapkan. Ada yang sasisnya sudah tidak bagus, surat-suratnya tidak lengkap," ujar Henri.

Henri mengaku, pihaknya belum mengetahui dari operator mana saja bus-bus yang diamankan tersebut. Bus-bus yang tak memenuhi standar operasional itu langsung dibawa ke Terminal Rawa Buaya. Di Rawa Buaya, petugas baru akan mendata secara rinci operator bus mana saja yang membandel.

"Semuanya dikandangkan ke Terminal Rawa Buaya, Jakarta Barat. Akan kami kandangkan selama 14 hari di sana, itu standarnya, setelah mengikuti sidang dan melengkapi surat-surat," pungkas Henri.
(pin)