POLITIK
Abraham Samad (Helmi/dok)
10/1/2015 15:53:47
5349

KPK Tidak Dilibatkan Terkait Penunjukan Calon Kapolri

Harianlampung.com - Tak seperti ketika ingin menjadikan menteri, kali ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak dilibatkan Presiden Joko Widodo terkait penunjukkan Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Budi Gunawan sebagai calon Kapolri yang diajukan kepada DPR RI.

"‎Sama sekali KPK tak dilibatkan," kata Ketua KPK Abraham Samad kepada wartawan, Sabtu (10/01).

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo sudah mengirimkan surat ke DPR RI mengajukan calon tunggal Kapolri, yakni Komisaris Jenderal Budi Gunawan untuk menggantikan Jenderal Sutarman.

"Sudah diajukan ke DPR kemarin sore. Saya tahu bahwa ada surat yang diterima presiden dari Kompolnas. Surat itu merupakan hasil rapat yang dilakukan Kompolnas tanggal 8 Januari. Kemudian tanggal 9 Januari kita menerima surat itu, sore jam 16.00 WIB presiden meminta dipersiapkan surat ke DPR, itu saja," jelas Mensesneg Pratikno kepada wartawan seusai menghadiri HUT ke-42 PDIP di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (10/01).

Bila Budi Gunawan lolos dari DPR, maka akan menggantikan posisi Jenderal Sutarman yang baru akan pensiun pada Oktober 2015.
(pin/ftu/des)