POLITIK
Presiden Joko Widodo (polindonetwork/dok)
11/1/2016 10:16:51
384

Pramono Cerita Arahan Jokowi di Rakernas PDIP

Harianlampung.com - Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan secara tertutup kepada kader-kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam Rapat Kerja Nasional partai itu, di JIEXPO, Kemayoran, Minggu (10/01). Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebut, sejumlah hal yang disampaikan Presiden dalam acara itu.

Pramono yang juga kader PDIP mengatakan, Jokowi bercerita tentang pengalamannya memimpin roda pemerintahan. Mulai saat ia menjabat sebagai Walikota Solo, Gubernur DKI, dan kini sebagai presiden.

"Pengalaman itu yang dibagi kepada seluruh kader partai karena apapun PDIP ada di dalam kekuasan tertinggi, dalam hal ini presiden," kata Pramono.

Disamping itu, Pramono menyebut, Jokowi juga menyampaikan betapa pentingnya program pemerintah daerah yang disinkronkan dengan pusat. Ia meminta agar daerah memberikan bantuan dalam mewujudkan percepatan pembangunan di daerah.

"Dan beberapa hal berkaitan masalah keamanan. Apapun, pemerintah di pusat akan berhasil kalau disupport di daerah," kata Pramono.

Pramono mengatakan, Jokowi juga menyinggung PDIP dalam Pilkada serentak lalu. "Saat ini PDIP telah memenangkan Pilkada pada 2015 dengan angka yang cukup signifikan. Ini diharapkan dapat menjadi percepatan pembangunan pemerintah pusat," ujar Pramono.

Jokowi juga menyampaikan bahwa tahun kedua Kabinet Kerja, adalah tahun percepatan kerja. "Di dalam memberikan arahan Presiden beliau menyampaikan perlu mendapat support dari jajaran tingkat provinsi dan daerah. Tidak bisa hanya pemerintah daerah saja, perlu ada sinkronisasi dan dukungan dari pemerintah daerah," beber Pramono.

Percepatan kerja yang dimaksud Jokowi adalah mengenai bagaimana segera diselesaikannya pembangunan infrastruktur-infrastruktur di daerah. Khususnya di daerah perbatasan dan daerah Indonesia Timur.

"Dan itu akan banyak dana yang ke daerah. Itu perlu ada banyak pengawasan, penjagaan dan kontribusi dari pemda. Tidak bisa dibiarkan begitu saja. Apa yang disampaikan Pak Jokowi membangun dari pinggiran, dan itu dibuktikan oleh beliau," tutur Pramono.

Pramono mengatakan, saat ini daerah-daerah perbatasan, Indonesia Timur, mendapat lebih prioritas dibanding daerah yang sudah pembangunannya lebih maju yaitu di Jawa.

Pramono memastikan bahwa semua kader PDIP akan memberikan dukungan kepada pemerintah Jokowi-JK. Termasuk seluruh jajaran dan program kerjanya.

"Kalau itu tidak diminta pun kader PDIP memberikan dukungan kepada pemerintahan yang dimandori oleh pak Jokowi," ungkapnya.
(pin)