POLITIK
Muhammad Yusuf (harlam/dok)
16/1/2015 10:51:10
1023

PPATK Berharap Jokowi Tak Lantik Budi Gunawan

Harianlampung.com - Politikindonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diharapkan dapat menunjukkan sikap kenegarawanan dengan tidak melantik Komisaris Jenderal (Pol) Budi Gunawan sebagai Kepala Polri. Sebab hingga kini, meski Budi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji, namun Jokowi belum mengambil sikap untuk melantik Budi atau membatalkan penetapannya.

"Dia harus legawa, berani bilang, Saya minta maaf," kata Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Muhammad Yusuf kepada pers, Kamis (15/01).

Menurut Yusuf, Jokowi telah keliru menggunakan referensi data sebelum menunjuk Budi sebagai calon tunggal Kapolri. Data yang digunakan Jokowi adalah rekomendasi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) berdasarkan penyelidikan Polri pada 2010. Adapun data yang diperoleh oleh PPATK pada Agustus 2014 menunjukkan ada ketidakwajaran dalam hal kekayaan Budi

Berdasarkan temuan PPATK yang diberikan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Agustus 2014 itu, dan data lain yang dimiliki KPK, menjadi dasar KPK untuk menjerat Budi sebagai tersangka dugaan penerimaan hadiah ataupun janji.
(pin/eh)